Info

Kondisi Kaki Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan, Kenali 4 Tanda-tandanya!

Kondisi kaki Anda bisa menggambarkan masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kaki. (Pixabay/mohammadaasim)
Ilustrasi kaki. (Pixabay/mohammadaasim)

Himedik.com - Kondisi kaki dan kuku kaki Anda bisa menggambarkan masalah kesehatan yang sedang diderita. Tetapi, tanda-tanda ini mungkin sering diabaikan.

Karena itu, ahli penyakit kaki mungkin bisa melakukan pemeriksaan kesehatan yang tepat pada kuku kaki untuk mendeteksi masalah kesehatan pada tubuh Anda.

"Seorang ahli pedikur profesional mungkin bisa mendeteksi masalah kesehatan. Karena,kuku kaki dan tangan bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang," kata Vanessa Sanchez McCullough dikutip dari The Sun.

Ahli penyakit kaki dan ahli bedah, Dr Brad Schaeffer mengatakan bahwa masalah kaki bisa menggambarkan masalah kesehatan serius.

"Kami melihat kulit, denyut nadi dan saraf menentukan masalah kesehatan mendasar," kata Dr Brad.

Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)
Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Dalam hal ini, diabetes mungkin salah satu penyakit yang bisa dideteksi dari kuku kaki Anda. Begitu juga dengan melanoma yang bisa terdeteksi dari kuku kaki.

Dr Brad mengatakan seseorang berisiko mengalami masalah kaki yang serius bila menderita diabetes.

Karena itu, orang dengan kondisi ini disarankan selalu mengamati kakinya. Sebab, luka sekecil apapun bisa menjadi serius bila diabaikan.

Bahkan, orang dengan diabetes 20 kali lebih berisiko diamputasi. Masalah kaki lebih mungkin terjadi pada orang yang telah menderita diabetes untuk waktu yang lama sampai merusak saraf di kakinya.

Beberapa tanda diabetes pada kaki, termasuk:

  1. Kulit kaki yang halus dan mengkilap
  2. Rambut kaki yang rontok
  3. Kaki bengkak
  4. Luka di kaki yang tak kunjung sembuh

Anda juga mungkin mengalami mati rasa pada kaki atau tungkai kaki, kaki berkeringat dan kram di betis ketika istirahat.

Sementara itu, melanoma adalah bentuk paling mematikan dari kanker kulit. Tanda pertama melanoma biasanya perubahan ukuran, bentuk, warna, atau tekstur tahi lalat yang sudah ada atau tahi lalat baru dengan ciri-ciri tertentu.

Melanoma kaki biasanya muncul di telapak kaki atau di bawah kuku, tetapi bisa muncul di bagian kaki mana saja atau pergelangan kaki.

Di bawah kuku, sel kanker bisa terlihat seperti memar. Anda mungkin juga melihat munculnya garis yang tumbuh secara vertikal.

Berita Terkait

Berita Terkini