Info

Tidak Semua Biji-bijian Bisa Dikonsumsi, Seperti Biji dari Buah-buah Ini

Namun, beberapa biji bisa berbahaya.

Rosiana Chozanah

Bahaya konsumsi biji leci (Pexels/Pixabay)
Bahaya konsumsi biji leci (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Beberapa biji-bijian mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini disebut sebagai peningkat nutrisi dan dapat dikonsumsi setiap hari.

Namun, beberapa biji bisa berbahaya. Karenanya, penting untuk mengetahui biji buah mana yang bisa dikonsumsi dan mana yang tidak.

Dilansir The Health Site, berikut biji buah yang beracun sehingga tidak boleh dimakan:

1. Biji apel

Biji apel mengandung senyawa amygdalin, yang ketika dikunyah akan melepaskan hidrogen sianida, bahan kimia yang juga dapat menyebabkan kematian.

Tapi, ini hanya terjadi ketika Anda mengonsumsi sekitar 1,52 miligram per kilogram hidrogen sianida.

Ilustrasi apel (Shutterstock)

2. Biji leci

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji leci mengandung jenis asam amino tertentu yang dapat memengaruhi kadar glukosa darah dan juga dapat menyebabkan peradangan otak.

3. Kacang merah mentah

Kacang merah mentah memiliki konsentrasi tinggi bahan kimia yang disebut phytohaemagglutinin. Bahan kimia itu dapat menyebabkan sel darah merah menggumpal.

Makan kacang merah yang kurang matang juga dapat menyebabkan diare.

4. Biji tomat

Studi menunjukkan bahwa biji timat mengandung oksalat yang membantu pembentukan batu ginjal. Namun, Anda hanya akan mengalaminya ketika mengonsumsi tomat dalam jumlah besar tiap hari.

Selain biji yang sudah sebutkan di atas, beberapa buah lagi yang bijinya sangat beracun termasuk aprikot, plum, ceri, dan persik. Biji buah-buahan ini kaya akan senyawa sianogenik.

Berita Terkait

Berita Terkini