Info

Jangan Khawatir, Ini Cara Aman dan Sehat Makan Sate Daging Kurban!

Ada beberapa cara aman dan sehat makan sate daging kurban saat perayaan Hari Raya Idul Adha.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sate (Pixabay/saesherra)
Ilustrasi sate (Pixabay/saesherra)

Himedik.com - Kebanyakan orang memilih menikmati daging kurban saat Hari Raya Idul Adha dengan cara dibakar atau diolah menjadi sate.

Sayangnya, mengolah daging menjadi sate memiliki beberapa risiko kesehatan, terlebih bila Anda membakar sate tidak sempurna atau belumbenar-benar matang. 

Dr Latif Saad mengatakan daging panggang, seperti sate BBQ dan banyak kategori lainnya bisa memicu reaksi Maillard ketika dimasak dengan panas tinggi. 

Reaksi ini mengubah gula dan asam amino menjadi senyawa yang disebut akrilamida. Senyawa inilah yang bisa membuat daging panggang menyebabkan kanker. 

Umumnya, semakin lama dan panasnya daging dimasak, semakin banyak akrilamida yang terbentuk. Bila Anda ingin mencegah terbentuknya akrilamida, Anda bisa merebus atau mengukus daging. 

Sementara itu dilansir dari World of Buzz, Anda juga harus tahu bahwa tambahan roti bakar yang terlalu banyak dapat membuat tumpukan penuh akrilamida. 

Ilustrasi daging kurban (Pexels/mali maeder)
Ilustrasi daging kurban (Pexels/mali maeder)

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengklasifikasikan akrilamida ini sebagai kemungkinan karsinogen manusia. 

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus menghindari makan sate seumur hidup. FDA menyarankan konsumsi makanan seimbang dan batasi makanan yang dimasak yang mungkin menghasilkan kadar akrilamida tinggi. 

Sementara itu dilansir dari Hello Sehat, ada beberapa cara aman dan sehat makan sate tanpa khawatir dengan kondisi kesehatan Anda. 

1. Pilih potongan daging rendah lemak 

Anda juga lebih baik memilih potongan daging sapi atau kambing rendah lemak. Karena, lemak yang menetes ke bara api akan menghasilkan hidrokarbon poliaromatik (PAH). Penelitian menunjukkan bahwa PAH berperan dalam proses perkembangan kanker.

2. Bolak-balik sate ketika memanggangnya 

Anda juga harus membolak-balik sate ketika memanggangnya setiap beberapa menit sekali. Sehingga, daging bisa matang merata tanpa membuatnya gosong. 

3. Buatlah bumbu marinasi sendiri 

Bumbu marinasi instan bisa membuat sate lebih tinggi gula. Jadi, lebih baik buat bumbu marinasi sendiri dengan rempah-rempah, merica, garam, dan lainnya. 

4. Bungkus daging dengan kertas aluminium foil 

Kertas aluminium foil akan melindungi daging dari suhu tinggi dan mengurangi produksi  amina heterosiklik (HCA) atau senyawa penyebab kanker. Kertas ini juga mencegah lemak mentes ke bara api ketika Anda membakar potongan daging berlemak.

Berita Terkait

Berita Terkini