Info

Rekomendasi Sayuran untuk Gula Darah Tetap Stabil, Apa Saja?

Jaga gula darah Anda tetap stabil dengan sayuran berikut.

Yasinta Rahmawati

Selada merah dan hijau. (pixabay)
Selada merah dan hijau. (pixabay)

Himedik.com - Meski semua sayuran pada dasarnya baik untuk tubuh,  dalam hal mengelola gula darah, ada sayuran tertentu yang mungkin dapat membantu sedikit lebih banyak daripada yang lain.

Tentunya memilih sayuran yang tinggi serat, protein, dan vitamin spesifik lainnya akan sangat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Lantas apa saja sayuran tersebut? Merangkum dari Suara.com yang melansir Eat This, berikut sayuran terbaik untuk gula darah tetap stabil.

Brokoli

Serat adalah kunci dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Sayuran silangan seperti brokoli, kubis Brussel, dan kembang kol mengandung tinggi serat, rendah gula alami, dan sangat mengenyangkan. Bahkan serat dapat bertindak sebagai prebiotik, yang membantu bakteri baik di usus berkembang.

Bayam

Bagi mereka yang ingin mengelola kadar gula darahnya, bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik yang bisa Anda dapatkan. Satu cangkir bayam mentah menyediakan 7 kalori, 1 gram karbohidrat, 0,9 gram protein, dan 0,7 gram serat dan merupakan sumber vitamin A dan K yang sangat baik, dan sumber vitamin C, folat, serta mangan.

Selada

Mengonsumsi beragam jenis selada dalam semangkuk salad bisa membantu mengontrol gula darah. Selada merah contohnya, tinggi akan vitamin K yang penting untuk mengelola pembekuan darah.

Di sisi lain penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin K dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan meningkatkan regulasi insulin.

Selain brokoli, selada, dan bayam, sayuran terong juga sangat direkomendasikan. Setengah cangkir terong matang menyediakan sekitar 18 kalori, 4,3 gram karbohidrat, 0,4 gram protein, dan 1,25 gram serat.

Serat dan protein dalam terong akan memperlambat seberapa cepat karbohidrat itu akan diserap dalam darah, yang membantu menjaga gula darah. Tapi tentunya hindari mengonsumsi terong dengan cara digoreng ya.

Berita Terkait

Berita Terkini