Info

Ingin Rutin BAB di Pagi Hari? Bisa Dilatih dengan Cara Ini

Kabar baiknya, ternyata kita bisa melatih usus besar agar BAB bisa terjadi setiap pagi.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi buang air besar. (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi buang air besar. (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Kebanyakan orang merasa ingin buang air besar (BAB) sekitar 30 menit setelah bangun tidur. Bisa BAB setiap pagi sebelum mulai beraktivitas tentu melegakan, tapi tak sedikit orang yang kesusahan melakukannya.

Terkadang 'panggilan' untuk BAB baru terjadi saat sudah beraktivitas di luar rumah. Kabar baiknya, ternyata kita bisa melatih usus besar agar BAB bisa terjadi setiap pagi.

Merangkum dari Suara.com yang melansir Maya Well, hanya perlu dua langkah untuk melatih usus besar berkontraksi di malam hari agar bisa BAB di pagi harinya, yakni:

Langkah 1: Duduk

Duduk di tepi tempat tidur atau di mana pun yang terasa nyaman selama beberapa menit setelah bangun pagi dan jangan berusaha terlalu keras untuk BAB. Langkah ini memberi tahu usus besar bahwa saat itu akan menjadi waktu yang menyenangkan dan damai untuk BAB.

Langkah 2: Ulangi

Lakukan langkah 1 setiap hari selama sekitar 2 minggu. Kemudian bisa mulai dirasakan BAB di sekitar waktu yang telah dipilih.

Ilustrasi celana dalam/BAB. (Elements Envato)
Ilustrasi celana dalam/BAB. (Elements Envato)

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tetap teratur dan membuat aktivitas BAB tidak terasa sakit. Di antaranya:

1. Tidur

Tidur nyenyak dan teratur itu penting. Karena dapat membantu tubuh memproses makanan sehingga siap untuk dibuang setelah bangun pagi.

2. Konsumsi Probiotik dan Prebiotik

Probiotik merupakan bakteri baik di dalam usus yang dapat membantu lancarkan pencernaan. Sedangkan prebiotik menjadi makanan yang menyehatkan bagi probiotik untuk membantu mereka tumbuh. Baik prebiotik dan probiotik sangat membantu.

3. Latihan rutin

Olahraga teratur juga dapat mempengaruhi proses pencernaan. Tidak perlu sampai lari maraton setiap hari, yang penting lakukan secara konsisten minimal 150 menit per minggu.

Berita Terkait

Berita Terkini