Info

Tanda Imun Lemah, Salah Satunya Gampang Flu

Ketika flu tak kunjung sembuh, atau segera terserang flu setelah Anda sembuh, maka ini bisa menjadi tanda Anda sedang memiliki sistem imun yang lemah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi orang terserang penyakit pilek. (shutterstock)
Ilustrasi orang terserang penyakit pilek. (shutterstock)

Himedik.com - Sistem imun tubuh bertugas sebagai pertahanan alami tubuh manusia untuk menangkal infeksi dan kondisi kesehatan buruk lainnya. Ketika sistem imun lemah, maka risiko penyakit dan gangguan kesehatan akan meningkat. Karenanya, penting untuk mengetahui tanda imun lemah sehingga dapat segera diatasi sebelum risiko penyakit meningkat.

Penyebab lemahnya sistem imun tubuh sendiri beragam, mulai dari pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan buruk konsumsi zat berbahaya, hingga stres. Berikut tanda imun tubuh lemah, dilansir dari Suara.com.

Mudah Lelah

Ketika kelelahan terus dirasakan meski Anda tidak dalam aktivitas fisik atau berpikir berat, maka hal ini bisa menjadi ciri imun tubuh sedang lemah. Saat imun tubuh melemah, tingkat energi di dalam tubuh juga akan turun. Secara alami tubuh akan menggunakan energi yang dimiliki untuk mencoba meningkatkan daya tahannya, sehingga rasa lelah akan terus melanda hingga sistem imun kembali naik.

Terjadinya Infeksi

Salah satu tujuan dari keberadaan imun tubuh adalah untuk menghambat terjadinya infeksi. Ketika infeksi terjadi berkali-kali dalam rentang waktu tertentu, bisa jadi Anda memiliki sistem imun yang lemah.

Infeksi ini, yang bisa menjadi ciri dari kondisi sistem imun, adalah mengalami lebih dari empat infeksi telinga dalam setahun, terjadinya sinusitis kronis, dan mengalami pneumonia setidaknya dua kali dalam kurun waktu satu tahun.

Sakit Kepala

Sebenarnya sakit kepala menjadi ciri-ciri imun lemah yang paling umum dan paling mudah dikenali. Sakit kepala ini muncul saat seorang mengalami tingkat stres yang terlalu intens dalam kurun waktu lama, sehingga daya tahan tubuh menurun drastis.

Sakit kepala akibat imun lemah juga disertai dengan gejala lain, seperti nyeri di bagian dada, hingga mengalami tekanan darah rendah.

Flu Mudah Menyerang

Flu sebenarnya menjadi salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat, terlebih ketika cuaca tidak menentu seperti sekarang ini. Namun ketika flu tak kunjung sembuh, atau segera terserang flu setelah Anda sembuh, maka ini bisa menjadi tanda Anda sedang memiliki sistem imun yang lemah.

Idealnya flu akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari dua pekan. Ketika flu terjadi lebih dari 10 hari, maka segera periksakan diri ke dokter.

Itulah tanda imun lemah yang perlu dikenali. Tetap jaga pola makan dan aktif bergerak untuk memperkuat sistem imun tubuh Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini