Info

Hati-hati, Peralatan Dapur Tertentu Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Hati!

Penelitian menemukan penggunaan peralatan dapur tertentu bisa meningkatkan risiko kanker hati.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi peralatan dapur - (Pixabay/089photoshootings)
Ilustrasi peralatan dapur - (Pixabay/089photoshootings)

Himedik.com - Para ahli memperingatkan bahwa orang yang sering menggunakan peralatan dapur tertentu 4 kali lipat lebih berisiko menderita kanker.

Para peneliti menemukan bahwa bahan kimia yang tersembunyi dalam panci, wajan, sendok dan peralatan dapur lainnya itu bisa meningkatkan risiko kanker.

Para ahli di University of Southern California (USC) mengatakan bahan kimia dalam peralatan dapur ini bisa meningkatkan risiko kanker hati, yang biasanya dikenal sebagai karsinoma hepatoseluler non-viral.

Dalam banyak kasus, orang yang didiagnosis menderita kanker hati ini, karena sindrom kelebihan zat besi, penggunaan alkohol, penggunaan tembakau, dan paparan pestisida.

Studi ini menemukan bahwa mereka yang terpapar racun 4,5 kali lipat lebih berisiko didiagnosis kanker hati tersebut yang tergolong serius.

Bahan kimia pemicu penyakit ini adalah perfluooctane sulfate, yang mana bahan kimia ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai di lingkungan. Bahan kimia ini juga dikenal sebagai PFAS atau "zat polifluoroalkil".

Ilustrasi Peralatan Dapur. (Dekoruma)
Ilustrasi Peralatan Dapur. (Dekoruma)

"Kanker hati adalah salah satu titik akhir paling serius pada penyakit hati dan ini adalah studi pertama pada manusia yang menunjukkan bahwa PFAS terkait dengan penyakit ini," kata Dr Jesse Goodrich, sarjana postdoctoral di USC dikutip dari The Sun.

Petugas medis melihat data lebih dari 200.000 orang. Di antara orang itu, 50 orang menderita kanker hari dan dicocokan dengan 50 orang lainnya yang tidak menderita penyakit tersebut.

Kemudian, mereka melihat sampel darah dari para sukarelawan yang diambil sebelum diagnosis kanker hati dan dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita kanker.

Para peneliti menemukan bahwa banyak orang yang mengidap kanker memiliki beberapa jenis bahan kimia dalam aliran darah mereka.

Bahan kimia ini biasanya akan sampai ke hati dengan cara dicerna. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di AS mengatakan bahan kimia ini ada di mana-mana, termasuk pada perlengkapan mandi dan peralatan dapur yang sering dipakai memasak.

Petugas medis menemukan bahwa bahan kimia mengubah cara glukosa dimetabolisme dalam tubuh dan juga mengubah asam amino di hati.

Karena itu, lebih banyak lemak terbentuk di sekitar hati sehingga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit hati berlemak non-alkohol.

Mereka yang memiliki kondisi tersebut berisiko tinggi terkena kanker hati. Sebelumnya, ditemukan bahwa PFAS terkandung dalam pembungkus rantai makanan cepat saji yang populer.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Oktober tahun lalu juga menemukan zat tersebut dalam 80 persen makanan McDonald's, Burger King, Pizza Hut, dan Domino.

Makalah itu berdasarkan sampel dari restoran di San Antonio, AS, ditemukan sejumlah kecil ftalat. Bahan kimia ini digunakan untuk membuat plastik lunak dan ditemukan di 80 persen sampel yang dikumpulkan.

Bahan kimia ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah dalam sistem endokrin yang memproduksi dan mengeluarkan hormon dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini