Info

Tren Kecantikan dengan Oles Es Batu ke Kulit, Adakah Efek Sampingnya?

Tren perawatan kulit dengan cara mengoleskan es batu ke kulit sedang menjadi viral di media sosial, tetapi hati-hati risiko efek sampingnya.

Shevinna Putti Anggraeni

Es batu. (shutterstock)
Es batu. (shutterstock)

Himedik.com - Tren kecantikan dengan cara face icing, yakni metode perawatan kulit mengoleskan es batu atau air yang sangat dingin ke kulit wajah sedang viral di TikTok.

Tren kecantikan ini dipercaya memberikan berbagai manfaat perawatan kulit, termasuk menenangkan kemerahan, pengelupasan kulit dan mengendalikan noda.

Meskipun praktik perawatan kulit face icing ini mungkin menggiurkan dan tak butuh biaya besar, bukan berarti tidak ada risikonya.

Sebelum membahas mengenai risikonya, Anda perlu tahu beberapa manfaat face icing pada kesehatan kulit.

  1. Mengurangi pembengkakan, bengkak dan nyeri tekan
  2. Mengurangi munculnya kantong di bawah mata
  3. Mencerahkan kulit

"Face icing adalah salah satu perawatan kulit yang menjadi sangat populer karena mudah dilakukan di rumah," kata Konstantin Vasyukevich, seorang ahli bedah plastik wajah di New York City dikutip dari Express.

Mengolesi es batu pada wajah. (Shutterstock)
Mengolesi es batu pada wajah. (Shutterstock)

Tapi, Konstantin mengatakan face icing ini bisa menimbulkan efek yang berbeda pada setiap orang, ada yang bisa merasakan efeknya langsung dan ada yang lebih tahan lama. Sebagian besar efek yang ditimbulkan dari face icing ini cukup positif.

Meskipun praktik perawatan kulit rumahan ini jarang menimbulkan masalah, tapi mengoleskan es batu pada kulit secara langsung bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan.

Karena itu, ada trik untuk menghindari masalah ini dengan mengatur lamanya Anda mengoleskan es batu ke kulit. Anda juga disarankan membungkus es batu dengan kain tipis ketika mengoleskan ke kulit.

Setelah dibungkus, es batu harus dioleskan ke wajah dengan gerakan konstan dan melingkar, tanpa terlalu lama menempel pada bagian kulit mana pun.

Selain menyebabkan iritasi dan kemerahan, mengoleskan es di kulit terlalu lama dapat menyebabkan radang dingin.

"Saat Anda meletakkan es di wajah, pembuluh darah akan menyempit. Tapi, saat Anda terlalu lama mengoleskan es dan melepaskannya, pembuluh darah justru akan melebar," jelasnya.

Praktik perawatan kulit rumahan ini cukup membantu menjaga kekenyalan kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya sedikit cerah. Bahkan, praktik ini dipercaya mampu membuat kulit terlihat awet muda.

Tapi, orang dengan kulit tipis, sensitif, dan pembuluh darah kapiler yang rusak harus menghindari perawatan ini.

Berita Terkait

Berita Terkini