Info

Kurangi Asupan Garam Harian Anda, Dampaknya Sangat Besar untuk Tubuh

Dengan mengurangi asupan harian sebanyak satu gram dimulai dari tahun ini, Anda sudah dapat mencegah 9 juta kasus stroke

Rosiana Chozanah

Garam. (pinterest)
Garam. (pinterest)

Himedik.com - Memakan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya akan menyebabkan masalah kardiovaskular atau jantung.

Namun, hanya dengan mengurangi asupan harian sebanyak satu gram dimulai dari tahun ini, Anda sudah dapat mencegah 9 juta kasus stroke dan serangan jantung hingga 8 tahun mendatang.

Menyadur Science Alert, hal itu dibuktikan dalan sebuah studi yang dilakukan terhadap orang dewasa di China.

Di China, rata-rata asupan garam harian mencapai 11 gram, 5 gram lebih tinggi dari yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Para peneliti mengumpulkan statistik terbaru tentang ukuran populasi, konsumsi garam, tekanan darah dan tingkat penyakit.

Ilustrasi garam (pexels.com)
Ilustrasi garam (pexels.com)

Dari hasil analisis, peneliti melihat dua skenario lain selain penurunan satu gram, yakni mengurangi 3,2 gram per hari pada tahun 2025 dan pengurangan asupan garam menjadi lima gram seperti yang disarankan WHO pada tahun 2030.

Bila target tersebut tercapai, diperkirakan dua kali lebih banyak kematian terkait penyakit jantung dapat dicegah. Ini hanya terjadi ketika pengurangan dilakukan secara konsisten.

Selain bisa mencegah penyakit kardiovaskular, peneliti juga mengatakan bahwa mengurangi asupan garam dapat memberi manfaat lain untuk tubuh. Sebab, terlalu banyak garam juga telah dikaitkan dengan kanker dan berbagai masalah ginjal.

Pemerintah China telah meluncurkan kampanye China Sehat 2030 untuk mencoba mencapai target asupan garam harisn hanya lima gram saja.

Meski program tersebut tidak akan mudah dengan populasi 1,4 miliar orang, keuntungan yang terlihat dalam penelitian tampak menarik.

Berita Terkait

Berita Terkini