Info

5 Cara Tepat Membersihkan Mobil di Rumah

Berikut ini beberapa cara tepat untuk membersihkan mobil yang bisa kamu terapkan.

Yasinta Rahmawati

high pressure cleaner. (ruparupa.com)
high pressure cleaner. (ruparupa.com)

Himedik.com - Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk membawa kendaraan ke tempat jasa cuci mobil.  Inilah yang membuat kita memilih mencuci mobil sendiri  di rumah.

Alih-alih menjadi bersih mengkilap, terkadang mobil justru malah lecet karena cara mencuci yang kurang tepat, terutama jika menggunakan high pressure cleaner. Soalnya, kamu harus mengerti cara kerja dari mesin pembersih bertekanan tinggi ini.

Berikut ini beberapa cara tepat untuk membersihkan mobil yang bisa kamu terapkan.

1.  Hindari Sinar Matahari Langsung

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mencuci mobil di bawah terik matahari. Panas matahari membuat permukaan mobil yang tadinya basah menjadi cepat kering. Akibatnya, cat mobil menjadi kusam dan bisa merusak exterior mobil. Waktu yang tepat untuk mencuci mobil di rumah adalah pagi atau sore hari.

2.  Bilas Mobil dengan High Pressure Cleaner

Umumnya, kita bisa membasahi mobil dengan menggunakan selang air. Namun, penggunaan high pressure cleaner (HPC) lebih dianjurkan. Selain lebih efisien, daya semprot air yang lebih tinggi mampu mengangkat kotoran, terutama bila ada tanah yang menempel pada ban mobil.

Meski begitu, kamu tetap harus mengontrol besarnya air yang dikeluarkan dari nozzle dan pastikan menyemprotnya dalam jarak yang tidak terlalu dekat dengan mobil. Biasanya, tekanan air 89 bar hingga 130 bar sudah cukup.

3.  Sesuaikan Bentuk Nozzle

Nozzle merupakan bagian ujung pipa dari semprotan tempat keluarnya air. Ada dua bentuk nozzle yang bisa kamu sesuaikan dengan penggunaannya.

Untuk nozzle berbentuk runcing, kamu bisa menggunakannya buat membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti sela-sela kecil pada ban mobil. Sedangkan nozzle tipe spray, biasanya lebih fleksibel dan bisa dipakai buat membilas mobil.

4.  Gunakan Sabun Khusus Mobil

Kamu bisa mengoleskan deterjen dengan spons microfiber pada bagian luar mobil yang sudah dibasahi sebelumnya. Hindari menggunakan sampo atau sabun cuci piring karena dapat merusak cat mobil.

Sebaiknya, gunakan deterjen khusus pembersih mobil yang memiliki formula lebih lembut, sehingga tidak mengikis permukaan kendaraan beroda empat ini.

5.  Pastikan Mengeringkan Mobil

Kerap kali kita membiarkan mobil kering dengan sendirinya setelah dibilas dengan air bersih. Namun, kesalahan kecil ini justru dapat mengganggu tampilan mobil karena meninggalkan bercak yang sulit dihilangkan.

Kamu tetap perlu mengelap mobil sampai kering. Gunakan kain microfiber yang lembut, sehingga tidak menggores permukaan mobil.

Nah, itu dia beberapa tips jitu mencuci mobil di rumah. Jika kamu sedang mencari high pressure cleaner maupun perlengkapan cuci mobil lainnya dengan kualitas terbaik, kamu bisa menemukannya hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai jenis perlengkapan elektronik dan perabot rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Ataru, Krisbow, Chatime, Toys Kingdom, Susen dan masih banyak lagi.

Berita Terkini