Info

Pengaruhi Proses Penyerapan, Peneliti Ungkap Posisi Tubuh Terbaik saat Minum Obat

Berbaring dan condong ke kiri disebut sebagai posisi terburuk yang mungkin terjadi dalam hal melarutkan obat dengan cepat.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)

Himedik.com - Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids, posisi tubuh tertentu ternyata dapat memengaruhi seberapa baik dan cepat obat diserap tubuh.

"Jika Anda berdiri tegak atau Anda berbaring dan condong ke kanan, maka pil akan mendarat sangat dekat dengan daerah ujung perut. Akibatnya, itu larut cukup cepat," ujar Rajat Mittal, PhD , penulis senior studi dan profesor teknik mesin di Universitas Johns Hopkins, kepada Verywell Health, seperti dilansir Suara.com

Namun jika Anda berbaring dan condong ke kiri, itu adalah posisi terburuk yang mungkin terjadi dalam hal melarutkan pil dengan cepat, tambahnya.

Untuk penelitian ini, tim menggunakan model yang didasarkan pada anatomi dan struktur perut yang realistis (StomachSim). Melalui keajaiban fisika dan biomekanik, simulator dapat meniru apa yang terjadi di dalam perut manusia saat mencerna makanan, dalam konteks ini adalah obat-obatan.

Tim menguji empat postur dan posisi tubuh untuk minum obat secara oral, yakni berdiri/duduk tegak, berbaring telentang, berbaring miring ke kanan, berbaring miring ke kiri.

Simulasi menunjukkan bahwa minum pil dengan posisi miring ke kanan adalah posisi terbaik karena memungkinkan obat mengalir ke bagian terdalam dari perut. Sesampai di sana, obat-obatan itu larut dua kali lebih cepat daripada ketika diminum dengan duduk tegak.

Sebaliknya, berbaring miring ke kiri atau miring ke kiri adalah posisi terburuk, sebab membutuhkan waktu hingga lima kali lebih lama untuk menyerap pil dibandingkan saat diminum dalam posisi tegak.

Berita Terkait

Berita Terkini