Info

Air Hangat untuk Hidroterapi di RSUD Drs.H.Amri Tambunan Deli Serdang

Hidroterapi merupakan salah satu perawatan terapeuti yang memanfaatkan air sebagai media terapi.

Ririn Indriani

Kolam air hangat untuk hidroterapi di RSUD Drs.H.Amri Tambunan Deli Serdang. (Foto: Dok. Ariston)
Kolam air hangat untuk hidroterapi di RSUD Drs.H.Amri Tambunan Deli Serdang. (Foto: Dok. Ariston)

Himedik.com - Hidroterapi merupakan salah satu perawatan terapeuti yang memanfaatkan air sebagai media terapi.

Hidroterapi umum dijalani sebagai metode fisioterapi untuk mengobati berbagai kondisi, di antaranya kondisi kesehatan kronis seperti radang sendi.

Sebagai salah satu fasilitas kesehatan, RSUD Drs.H.Amri Tambunan yang sebelumnya bernama RSUD Deli Serdang menghadirkan fasilitas hidroterapi yang dilengkapi dengan pengalaman air hangat untuk memenuhi kebutuhan terapi air yang kian diminati saat ini.

“Sebagai faskes, tentunya kami harus menyediakan fasilitas terbaik untuk keperluan pengobatan dan perawatan masyarakat. Sebagai salah satu yang kami andalkan, kami melihat fasilitas hidroterapi kami dapat terus ditingkatkan, salah satunya dengan menambahkan pengalaman air hangat yang kami percayakan ke Ariston Thermo Indonesia,” jelas dr. Hanip Fahri, MM, M.Ked (KJ), Sp.K, Direktur Utama RSUD Drs.H.Amri Tambunan.

Kolam hidroterapi berukuran 6 x 3 meter dengan kedalaman 150 meter (dewasa) dan kedalaman 80 cm (anak-anak) telah tersedia di RSUD Drs.H.Amri Tambunan telah hadir sejak 2021.

Fasilitas tersebut telah melayani banyak pasien dari anak-anak hingga lansia dengan berbagai keluhan, mulai dari sakit punggung, sirkulasi darah yang buruk, cedera otot atau ligamen, nyeri sendi dan peradangan, hingga kecemasan, stres, dan tekanan darah tinggi.

“Hingga saat ini kami masih menjadi faskes satu-satunya di Pulau Sumatera yang memanfaatkan air hangat untuk keperluan terapi air. Untuk itu kami perlu terus menjaga performa layanan tersebut. Kami melihat Ariston mampu membantu kami dalam memenuhi kebutuhan tersebut,” tambahnya.

Ariston yang merupakan spesialis global dalam sektor pemanas air, memiliki misi menghadirkan kenyamanan ke seluruh belahan dunia dengan berbagai produk pemanas inovatif yang dirancang untuk meningkatkan dan menyederhanakan kehidupan rumah.

“Kerjasama dengan RSUD Drs.H.Amri Tambunan ini merupakan upaya kami dalam mencapai visi perusahaan kami menghadirkan kenyamanan berkelanjutan untuk semua orang, termasuk bagi setiap pasien yang memerlukan layanan hidroterapi di sini (RSUD Drs.H.Amri Tambunan),” kata ujar David Karlowee, Marketing Director Ariston Thermo Indonesia.

Pada kerjasama ini, brand pemanas air tersebut menghadirkan Pemanas Air Heatpump AR-Series (AR-20STP) untuk memenuhi kebutuhan air hangat pada kolam hidroterapinya.

Pemanas airnya itu dinilai lebih efisien dan mampu memanaskan air dengan kuantitas yang tinggi namun dengan konsumsi listrik yang rendah, karena mampu menyerap panas langsung dari udara luar.

Ada dua tipe dari pemanas airnya itu, yaitu Seri Residential dan Komersial, di mana perbedaannya terletak pada pompa sirkulasi untuk mengalirkan air yang akan dipanaskan dari storage tank ke heat pump water heater.

“Sektor kesehatan telah lama menjadi perhatian kami. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dukungan lebih lagi terhadap sektor kesehatan, dan dapat membantu memaksimalkan pelayanan kesehatan,” tutup David Karlowee.

Berita Terkait

Berita Terkini