Info

Cara Mencegah Radang Gusi, Awas Bisa Picu Kerusakan Gigi dan Tulang Rahang

Radang gusi dapat disebabkan banyak faktor seperti infeksi bakteri, kebersihan mulut yang buruk, merokok, dan faktor genetik.

Rendy Adrikni Sadikin

Kesehatan gigi anak-anak mempengaruhi risiko penyakit di masa dewasa (Pexels/Pixabay)
Kesehatan gigi anak-anak mempengaruhi risiko penyakit di masa dewasa (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Kamu menderita Radang gusi atau gingivitis? Tentunya ini awam terjadi. Umumnya, gejalanya: gusi di sekitar pangkal gigi memerah.

Lalu apa sih penyebabnya? Radang gusi dapat disebabkan banyak faktor seperti infeksi bakteri, kebersihan mulut yang buruk, merokok, dan faktor genetik.

Bila tidak diobati, radang gusi dapat berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dan tulang rahang.

Untuk mencegah dan mengobati radang gusi, penting untuk menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan rongga mulut menggunakan benang gigi atau dental floss serta obat kumur.

Salah satu obat kumur yang sangat efektif dalam membantu mencegah dan mengobati gingivitis adalah Innadine Mouthwash.

Ilustrasi menyikat gigi, sikat gigi. (Pixabay)
Ilustrasi menyikat gigi, sikat gigi. (Pixabay)

Obat kumur tersebut menggabungkan bahan antiseptik Cetylpyridinium Chloride (CPC) dan Chlorhexidine yang bekerja sama untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit gigi dan mulut.

Kombinasi bahan ini terbukti sangat efektif dalam membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

CPC yang ampuh membunuh virus SARS-Cov 2 (Coronavirus) bekerja dengan menghancurkan membran sel bakteri dan juga efektif dalam membunuh bakteri yang menyebabkan plak gigi dan penyakit gusi.

Sementara Chlorhexidine yang sering direkomendasikan dokter gigi pun merupakan bahan antiseptik yang efektif.

"Obat kumur bukanlah pengganti sikat gigi atau flossing, namun penggunaan obat kumur dapat menjadi tambahan rutinitas perawatan gigi yang baik dan dapat mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut," jelas drg. Jeanice Felincia dalam keterangan tertulisnya.

Apabila mengalami radang gusi (gingivitis) atau ingin mencegah terjadinya gingivitis, obat kumur akan membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda dengan kombinasi CPC dan Chlorhexidine.

Selain itu, obat kumur yang diproduksi PT Inna Pharmaceutical tersebut juga dapat membantu membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan gingivitis dan membantu mengurangi bau mulut serta sariawan.

Jangan lupa untuk menyikat gigi secara teratur, flossing, dan menggunakan obat kumur untuk mendapatkan kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

Berita Terkait

Berita Terkini