Info

Tak Cuma Kesemutan, Ini 5 Tanda Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa tanda kolesterol tinggi dan cara mengatasinya.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)

Himedik.com - Kolesterol adalah zat lemak yang dikembangkan secara alami di dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya memiliki beberapa fungsi penting seperti membangun kembali dinding yang mengelilingi sel-sel tubuh dan mengubah bahan dasar menjadi hormon tertentu. Akan tetapi, jika berlebihan, ini bisa berbahaya. Lantas seperti apa tanda-tanda kolesterol tinggi dan cara mengatasinya?

Kebanyakan orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak mendapatkan gejala apa pun sampai aterosklerosis terkait kolesterol menyebabkan penyempitan arteri yang signifikan dan menyebabkan kerusakan pada jantung atau otak mereka. Namun, ada beberapa gejala fisik yang dapat membantu mendeteksi kadar kolesterol tinggi. Berikut tanda-tanda kolesterol tinggi dan cara mengatasinya.

Tanda-tanda kolesterol tinggi

1. Tangan dan Kaki Sakit

Jika kamu memiliki kolesterol tinggi, tangan dan kaki kamu akan menjadi sering sakit, karena pembuluh darah di kaki dan tangan menjadi lebih sempit karena penumpukan kolesterol. Akumulasi ini umumnya terjadi terus menerus dan sirkulasi darah yang buruk dan pasokan nutrisi ke ekstremitas membuat tangan dan kaki sakit.

2. Sering Kesemutan

Kesemutan di tangan dan kaki adalah tanda sirkulasi darah rendah. Hal ini terjadi ketika aliran darah menjadi lebih lambat karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Sirkulasi darah yang buruk menyebabkan saraf di tangan dan kaki tidak mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen, yang mengakibatkan sensasi kesemutan.

3. Nyeri Dada Kiri

Nyeri dada kiri adalah tanda lain dari kadar kolesterol tinggi. Bahkan pembentukan plak minimal di bagian tubuh manapun dapat menurunkan aliran darah. Jantung bekerja lebih banyak untuk mengembalikan aliran darah normal dan ini dapat menyebabkan rasa sakit atau jantung berdebar. Rasa sakit ini juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

4. Sering Sakit Kepala

Sering sakit kepala di bagian belakang kepala mungkin akibat dari pembuluh darah tersumbat di daerah sekitar kepala. Jika kondisi ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

5. Timbunan lemak pada kelopak mata

Timbunan kolesterol juga dapat terakumulasi pada kelopak mata, disebut xanthelasma. Timbunan ini menunjukkan bahwa kamu mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi.

Cara mengatasi kolesterol tinggi

Cara mengatasi kolesterol tinggi bisa dicoba dengan mengurangi makanan berlemak, terutama makanan yang mengandung jenis lemak yang disebut lemak jenuh. Periksa label pada makanan untuk melihat jenis lemak apa yang ada di dalamnya. Cobalah untuk makan lebih banyak makan:

- Ikan berminyak, seperti makarel dan salmon
- Beras merah, roti gandum dan pasta gandum
- Kacang-kacangan dan biji-bijian
- Buah dan sayuran

Cobalah untuk makan lebih sedikit:

- Pai daging, sosis, dan daging berlemak
- Mentega, lemak babi dan ghee
- Krim dan keju keras, seperti cheddar
- Kue dan biskuit
- Makanan yang mengandung minyak kelapa atau minyak sawit

Selain makan makanan tersebut di atas, aktivitas kita jugau harus diimbangi dengan berolahraga lebih sering. Setidaknya sekitar 2,5 jam setiap minggu. Olahraga yang baik untuk mengatasi kolesterol tinggi antara lain:

- Berjalan – cobalah berjalan cukup cepat sehingga jantung berdetak lebih cepat.
- Berenang.
- Bersepeda

Cobalah beberapa olahraga berbeda pada setiap kesempatan. Melakukan olahraga yang kamu minati akan membuat hidup jadi lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini