Info

5 Bahaya Mengucek Mata, Bisa Bikin Infeksi Lho

Apa saja risiko dan bahaya mengucek mata tersebut?

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mengucek mata. (Shutterstock)
Ilustrasi mengucek mata. (Shutterstock)

Himedik.com - Mengucek mata adalah salah satu hal yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal, bahaya mengucek mata cukup besar dan bisa berefek buruk. Kebiasaan ini sangat tidak direkomendasikan agar terhindar dari berbagai risiko tersebut.

Tapi sebenarnya apa saja risiko dan  bahaya mengucek mata tersebut?

Untuk melihat beberapa bahayanya, Anda bisa simak penjelasan singkat di bawah ini, merangkum dari The Healthy.

1. Menggesek Kornea Mata

Ketika mengucek mata, seorang bis asaja menggesek kornea matanya. Hal ini karena risiko bulu mata atau debu yang masuk ke mata ini bisa tertekan, dan membuat gesekan sehingga kornea mata akan terganggu.

Jika diperlukan, hindari mengucek mata terlalu kuat karena gesekannya dapat menimbulkan cedera serius pada kornea mata.

2. Memperparah Kondisi Rabun Jauh

Untuk Anda yang memiliki kondisi rabun jauh, mengucek mata juga dapat memperparah kondisi ini. Kebiasaan menggosok mata, untuk jangka panjang, dapat memperburuk kondisi mata minus sehingga akan semakin mengganggu penglihatan Anda.

Ilustrasi mengucek mata yang kelilipan (Freepik/cookie_studio)
Ilustrasi mengucek mata yang kelilipan (Freepik/cookie_studio)

3. Risiko Infeksi Mata

Risiko infeksi juga meningkat ketika hal ini menjadi kebiasaan. Terlebih ketika mengucek mata dilakukan dengan kondisi tangan yang ktor dan tidak streil. Kuman atau bakteri yang ada pada jari atau tangan bisa masuk ke mata, dan menyebabkan infeksi.

Siapa yang tahu mengenai bakteri atau kotoran apa yang ada di bagian tangan bukan? Maka dari itu, kurangi kebiasaan tidak higienis tersebut.

4. Menyebabkan Mata Merah

Mengucek mata terlalu sering juga dapat memicu kondisi mata merah, atau bahkan lingkaran hitam pada bagian mata. Pembuluh darah kecil pada mata bisa pecah dan kondisi ini memicu konjungtivitis atau gangguan mata merah.

Tentu hal ini tidak Anda inginkan bukan?

5. Kelopak Mata Menjadi Kendur

Salah satu bahaya mengucek mata adalah membuat kelopak mata menjadi kendur. Secara estetika, hal ini dapat mengurangi penampilan Anda dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Elastisitas yang dimiliki kelopak mata bisa menurun ketika terus melakukan kebiasaan tersebut.

Pada dasarnya, mengucek mata tidak direkomendasikan karena memiliki banyak risiko. Mata sebagai organ yang cukup sensitif, dapat dengan mudah mengalami iritasi atau gangguan ringan hingga berat karena kebiasaan ini. Semoga pemahaman pada bahaya mengucek mata di atas dapat menjadi gambaran, dan membantu Anda mengurangi kebiasaan kurang sehat tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini