Info

Tak Cuma Lezat, Kacang Mete Juga Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan

Karena memiliki kandungan zat besi dan tembaga, maka kacang mete dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kacang mete. (Shutterstock)
Ilustrasi kacang mete. (Shutterstock)

Himedik.com - Berbagai makanan alami sebenarnya memiliki fungsi yang banyak untuk kesehatan jika dikonsumsi secara tepat. Kali ini, mari membahas mengenai manfaat kacang mete bagi kesehatan. Kacang yang memiliki rasa lezat dan harga yang lumayan tinggi di pasar tersebut mengandung banyak nutrisi yang ternyata diperlukan tubuh.

Untuk mengetahui nutrisi yang dikandung dalam kacang mete, lengkap dengan manfaatnya, Anda bisa simak penjelasan singkat di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kacang mete berasal dari buah jambu mete atau jambu monyet. Dikutip dari Alodokter, kandungan yang dimilikinya cukup padat, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin K, vitamin E, folat, vitamin B, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zink, hingga zat besi.

Jelas dari nutrisi  tersebut, akan banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh bukan?

Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan

Nah untuk melihat manfaatnya bagi kesehatan, Anda dapat menyimaknya dalam poin singkat berikut ini.

1. Pencegahan Amnesia

Karena memiliki kandungan zat besi dan tembaga, maka kacang mete dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Akibatnya, pencegahan amnesia dapat dilakukan, karena sel darah merah yang ada di tubuh senantiasa tercukupi.

Ilustrasi Kacang Mete (pixabay).
Ilustrasi Kacang Mete (pixabay).

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kacang mete bisa membantu seorang untuk menurunkan kadar kolesterol jahat karena memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang kaya. Konsumsi secara rutin diyakini dapat membantu seorang mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Menjadi Sumber Energi

Kacang ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang sehat. Setidaknya 150 kalori dalam setiap 30 gram porsi kacang mete. Ada pula 12 gram lemak di dalamnya, dan bisa menjadi sumber energi yang cukup baik bagi tubuh.

4. Menjaga Berat Badan

Dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, makanan ini masuk dalam menu diet yang efektif. Konsumsinya dalam jumlah yang tepat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga asupan makanan yang dikonsumsi lebih sedikit.

5. Memelihara Kesehatan Mata

Kaya akan antioksidan membuat kacang mete menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, konsumsi secara rutin akan memberikan manfaat optimal untuk Anda.

Itu tadi, sedikit pembahasan mengenai manfaat kacang mete bagi kesehatan tubuh. Ingat, pastikan jumlah konsumsinya tidak berlebihan agar manfaatnya secara optimal dapat diperoleh. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas!

Berita Terkait

Berita Terkini