Info

3 Bahaya Makan Ceker Ayam Terlalu Sering, Yuk Lebih Bijaksana Mengonsumsinya

Makan ceker ayam terlalu sering tidak dianjurkan karena bisa memberi beberapa efek merugikan.

Yasinta Rahmawati

Ceker ayam (Pixabay/jyleen21)
Ceker ayam (Pixabay/jyleen21)

Himedik.com - Ceker ayam menjadi bagian favorit bagi kebanyakan orang. Biasanya ceker ayam dihidangkan dengan berbagai jenis makanan lezat seperti soto ayam dan sop ayam. Tapi tahukah Anda, bahwa ada bahaya makan ceker ayam jika terlalu sering dikonsumsi?

Ceker ayam terdiri dari jaringan ikat kulit, tulang rawan, tendon dan tulang. Namun bagian ini masih dinyatakan bergizi dan dapat memberikan vitamin dan mineral. Dilansir Healthline, ceker ayam terkandung banyak protein dalam bentuk kolagen, lemak, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Ada beberapa bahaya ceker ayam jika dikonsumsi, tentunya tergantung metode memasak, kebersihan dan lainnya. Salah satunya ceker ayam yang digoreng dapat meningkatkan kadar karbohidrat, lemak dan kalori yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh. 

Berikut beberapa bahaya makan ceker ayam yang perlu Anda tahu.

1. Mengandung Lemak Trans

Ceker ayam yang disajikan dengan cara digoreng, tentu akan memberikan dampak negatif dan menghilangkan manfaat-manfaat yang terkandung di dalamnya. Ceker ayam yang digoreng ini mengandung asam lemak trans (TFA) yang tinggi atau lemak tak jenuh yang tidak sehat yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

Lemak trans dapat meningkatkan peradangan, kolesterol, trigliserida, kolesterol jahat (LDL) dan dapat menurunkan kolesterol baik (HDL). Selain itu lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit kanker prostat dan payudara.

Ilustrasi ceker ayam. (Suara.com/Angga Boedhijanto)
Ilustrasi ceker ayam. (Suara.com/Angga Boedhijanto)

2. Kebersihan yang Buruk

Ceker ayam tentu menjadi bagian yang wajib untuk diperhatikan kebersihannya sebelum mengonsumsinya. Pasalnya ada ceker ayam yang memiliki kulit terbakar amonia dan terlihat seperti kapalan. Kondisi ini dikarenakan ayam berdiri di atas kotorannya.

Pastikan Anda menghindari kondisi tersebut dan selalu cuci hingga bersih untuk menghilangkan kotorannya. Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan ceker ayam hingga bersih:

  • Bersihkan ceker ayam dengan menggunakan air yang mengalir
  • Rebus ceker ayam dengan air mendidih selama 10-30 detik
  • Setelah bersih, Anda disarankan untuk membuang kulit bagian luar ceker dulu kemudian simpan di lemari es agar tahan lama

3. Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol

Asupan maksimal kolesterol harian orang dewasa sekitar 300 mg. Sementara itu 100 gram ceker ayam mengandung 84 mg kolesterol atau 28 persen dari kebutuhan kolesterol per hari. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi ceker ayam dalam jumlah besar, tentu dapat meningkatkan kolesterol serta menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah hingga dapat terkena penyakit jantung.

Itulah 3 bahaya makan ceker ayam jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini