Info

Makanan Pedas Ternyata Punya 3 Manfaat Ini, Apa Saja?

Faktanya, manfaat makanan pedas jauh lebih banyak daripada sekadar meningkatkan nafsu makan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kepedasan - (Shutterstock)
Ilustrasi kepedasan - (Shutterstock)

Himedik.com - Makanan pedas tidak hanya cabai, tapi bisa juga berupa paprika atau rempah dapur seperti jahe maupun merica. Dan tak banyak yang tahu kalau makanan pedas ternyata punya manfaat untuk kesehatan.

Selama ini, banyak orang mengira kalau makanan pedas hanya bisa menambah nafsu makan. Hal ini seperti yang dikatakan Senior Marketing Manager PT. Wiryamanta Sadina, Inggrid Gani.

"Bagi sebagian orang, rasa pedas justru akan menambah selera makan saat menikmati hidangan yang disajikan. Ada sesuatu yang terasa hilang dan kurang lengkap jika tidak ada cita rasa pedas yang membakar lidah saat menikmati menu kuliner," ujar Inggrid melalui keterangan yang diterima suara.com, Jumat (12/1/2024).

Hal inilah yang kemudian membuatnya menghadirkan kampanye burning sensation alias membakar lidah pada series Wingstop Inferno, yaitu untuk menambah selera makan masyarakat Indonesia.

Namun faktanya, manfaat makanan pedas jauh lebih banyak daripada sekadar meningkatkan nafsu makan. Meski makanan pedas tidak cocok untuk semua orang, khususnya pada orang dengan masalah pencernaan, tapi untuk para penggemarnya, ada manfaat yang bisa didapat.

Ini dia, seperti dilansir dari laman Health:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah ulasan studi tahun 2022 mencatat bahwa makanan pedas mengandung capsaicin yang bisa menurunkan nafsu makan. Meski begitu, hal ini tidak lantas jadi jaminan bahwa seseorang yang makan makanan pedas akan terlindungi dari obesitas jangka panjang.

Ilustrasi makan makanan pedas (PIxabay/englishlikeanative)
Ilustrasi makan makanan pedas (PIxabay/englishlikeanative)

2. Memperpanjang umur

Makanan pedas bisa memperpanjang umum karena terkait dengan efek antioksidan dan anti inflamasi dari capsaicin yang biasa ada di cabai hingga paprika.

Tinjauan 2021, para peneliti menemukan bahwa penikmat makanan pedas mengalami penurunan risiko kematian dari semua akibat kesehatan sebesar 12 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengkonsumsi makanan pedas.

3. Baik untuk jantung

Beberapa bukti menunjukan makanan pedas bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dua kondisi yang bisa meningkatkan risiko sakit jantung.

Termasuk juga studi 2022, menemukan fakta bahwa makanan pedas dan paprika bisa meningkatkan adrenalin, dengan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung atau stroke.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini