Info

4 Buah yang Baik untuk MPASI Bayi, Pastinya Aman dan Bergizi

Beberapa opsi buah yang baik untuk bayi bisa Anda dapatkan di artikel berikut ini.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bayi sedang makan. (Pixabay/yalehealth)
Ilustrasi bayi sedang makan. (Pixabay/yalehealth)

Himedik.com - Konsumsi buah yang baik untuk bayi memang banyak opsinya, selama si bayi benar-benar sudah memiliki kemampuan untuk mencerna buah ini. Buah untuk bayi biasanya dihaluskan dan menjadi makanan pendamping ASI atau MPASI, sehingga dapat menunjang kebutuhan nutrisi harian yang dimilikinya.

Usia umum yang digunakan sebagai acuan bahwa bayi siap menerima makanan MPASI adalah sekitar 6 bulan. Namun hal ini bisa dipastikan dengan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.

Beberapa opsi buah yang baik untuk bayi bisa Anda dapatkan di artikel berikut ini, dirangkum dari Hello Sehat.

1. Pisang

Pisang jadi rekomendasi paling utama di hampir semua artikel yang membahas mengenai buah untuk bayi. Tidak saja karena teksturnya yang lembut dan halus, pisang juga memiliki banyak kandungan yang diperlukan tubuh bayi untuk terus berkembang.

Pisang bisa langsung dikerok dengan sendok, atau dihancurkan dan dicampur dengan susu formula atau ASI untuk menjadi bubur pisang yang lezat.

2. Alpukat

Mulai dari lemak tak jenuh, vitamin E, kalori energi, karbohidrat, protein, kalsium, besi, kalium, vitamin C, dan seterusnya, nutrisi dalam alpukat merupakan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Tekstur pada buah yang sudah matang juga halus, dan rasanya nikmat. Hancurkan alpukat dan tambahkan berbagai buah lain untuk menjadi bubur buah yang sedap dan bernutrisi.

Ilustrasi buah untuk radang tenggorokan, alpukat. (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi buah untuk radang tenggorokan, alpukat. (Pexels/Daria Shevtsova)

3. Pepaya

Selain pisang dan alpukat, pepaya juga menjadi buah yang baik untuk bayi dan cukup populer. Berbicara mengenai nutrisi, pepaya memiliki kandungan folat, serat, vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E yang diperlukan tubuh bayi untuk tumbuh dan berkembang.

Anda tinggal memastikan pepaya masak dan membersihkannya dari noda. Hilangkan bijinya, dan potong menjadi beberapa bagian kecil kemudian haluskan. Bubur pepaya siap disajikan untuk si kecil.

4. Apel

Mungkin Anda berpikir mengapa apel masuk dalam daftar ini? Bukankah apel memiliki tekstur yang cukup keras?

Konsumsi buah apel pada bayi dilakukan dengan mengukusnya terlebih dahulu, sehingga tekstur apel menjadi lebih lunak. Proses ini tidak akan mengurangi kepadatan nutrisi di dalamnya, mulai dari kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin C.

Sebenarnya buah lain seperti kiwi, atau jambu biji juga bisa jadi opsi buah yang baik untuk bayi, selama diolah dan disajikan dengan cara yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan selamat melanjutkan aktivitas!

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini