Info

Biar Tubuh Tidak Lesu dan Mudah Capek, Konsumsi 5 Makanan Ini

Makanan berikut akan membuat Anda kembali bertenaga dan memiliki semangat untuk beraktivitas.

Yasinta Rahmawati

Sumber protein. (iStock)
Sumber protein. (iStock)

Himedik.com - Untuk Anda yang beberapa waktu merasa lemas dan kurang bertenaga, artikel ini akan menjadi bacaan menarik dan bermanfaat untuk Anda. Anda akan membaca sederet makanan penambah stamina yang bisa dikonsumsi, sehingga Anda kembali bertenaga dan memiliki semangat untuk beraktivitas.

Makanan-makanan yang dicantumkan dalam artikel ini beragam, mulai dari buah, kacang-kacangan, daging, hingga berbagai jenis makanan lain. Maka tak perlu berlama-lama lagi, simak daftar makanan penambah stamina di bawah ini, dirangkum dari Harvard Health Publishing.

1. Kacang Almond

Jenis kacang ini memiliki kandungan vitamin E dan asam Omega-3 yang menjadi sumber energi andalan. Energi dari nutrisi tersebut tidak menimbun di dalam tubuh, sehingga bisa lekas dirasakan staminanya.

Selain itu efek baik juga dibawa oleh almond untuk kesehatan otak dan jantung. Akan menjadi makanan ringan yang kaya manfaat bukan?

2. Buah Pisang

Selanjutnya dalam daftar singkat ini adalah buah pisang. Buah ini sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti sarapan di pagi hari, karena mengandung karbohidrat, serat, potasium, dan fruktosa yang tinggi. Dengan begini, asupan energi akan dapat dirasakan hingga waktu makan siang nanti.

Pisang juga dikenal sebagai buah kebahagiaan, karena membuat suasana hati menjadi baik setelah dikonsumsi.

Ilustrasi gambar manfaat buah pisang. (freepik)
Ilustrasi buah pisang. (freepik)

3. Ikan dan Telur

Ikan dan telur merupakan makanan penambah stamina yang efektif untuk Anda konsumsi. Pasalnya, kedua jenis makanan ini memberikan tubuh banyak sekali nutrisi penting dan asupan energi yang cepat diserap oleh tubuh.

Kaya protein, vitamin, Omega-3, mineral, hingga antioksidan penting, membuat kedua makanan ini tidak boleh dilewatkan untuk Anda yang ingin menambah stamina.

4. Selai Kacang

Yap, makanan penambah stamina ini dikenal luas sebagai makanan yang lezat, mudah dikonsumsi, dan cocok diolah menjadi banyak jenis makanan lain. Tingginya kalori dalam selai kacang, dipadukan dengan Omega-3 yang dimilikinya menjadikan selai kacang memberikan tenaga untuk waktu yang cukup lama.

5. Daging Tanpa Lemak

Konsumsi daging tanpa lemak dapat membantu Anda memperoleh tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Anda juga akan merasa lebih bersemangat sehingga aktivitas yang dijalankan cenderung lebih berhasil.

Selain itu, daging juga dapat membantu membangun otot, menguatkan tubuh, hingga menguatkan fisik secara keseluruhan.

Itu tadi sedikitnya 5 makanan penambah stamina yang bisa dikonsumsi secara rutin agar Anda tetap bertenaga. Ingat, imbangi pemilihan makanan ini dengan aktivitas sehat lain seperti olahraga rutin untuk mendapatkan manfaat optimalnya!

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini