Info

Mendadak Anyang-anyangan? Coba Ikuti 4 Cara Ini untuk Mengatasinya

Berikut beberapa cara paling efektif dan sederhana untuk mengatasi anyang-anyangan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi anyang-anyangan. (Shutterstock)
Ilustrasi anyang-anyangan. (Shutterstock)

Himedik.com - Tidak sedikit mungkin dari Anda yang membaca artikel ini pernah mengalami keluhan anyang-anyangan. Dalam dunia medis, hal ini disebut dengan disuria, yang muncul dalam bentuk nyeri saat buang air kecil. Cara mengatasi anyang-anyangan sebenarnya tidak sulit.

Karena disuria atau anyang-anyangan ini menjadi tanda dari gangguan kesehatan di area kandung kemih, maka cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memperhatikan kesehatan kandung kemih. Beberapa cara paling efektif dan sederhana antara lain adalah sebagai berikut.

Pertama, Minum Air Putih Cukup

Dikutip dari Hello Sehat, salah satu pemicu terjadinya anyang-anyangan adalah kurangnya air putih yang diminum setiap hari. Hal ini memicu terjadinya kekurangan kadar air dalam urine, sehingga menjadi lebih pekat. Urin seperti ini lebih ‘berat’ dibuang dan berisiko membuat endapan.

Setidaknya, mulai minum 8 gelas air putih setiap hari agar kondisi saluran kemih terjaga, dan kadar air dalam urin juga normal.

Ilustrasi anyang-anyangan. (Elements Envato)
Ilustrasi anyang-anyangan. (Elements Envato)

Kurangi Makanan Pemicu Iritasi Kandung Kemih

Meski tidak secara langsung menjadi penyebab anyang-anyangan, namun beberapa jenis makanan dapat menjadi pemicu iritasi kandung kemih. Misalnya seperti buah dengan rasa asam, jeruk, limau, lemon, kemudian makanan pedas, produk berbahan dasar tomat, bahkan cokelat.

Tidak kemudian secara total dihindari, namun  kurangi konsumsi makanan-makanan ini ketika Anda mengalami anyang-anyangan agar proses pemulihan cepat terjadi.

Jangan Menahan Kencing Lagi

Menahan kencing atau buang air kecil adalah kebiasaan yang tidak direkomendasikan, karena dapat memicu berbagai masalah di bagian ini. Anyang-anyangan adalah salah satu akibat dari kebiasaan buruk yang satu ini.

Pastikan Anda tidak menahan kencing terlalu lama, dan selesaikan buang air kecil yang Anda lakukan. Jangan terburu-buru, dan biarkan semua terjadi secara alami sampai tuntas.

Hindari Produk yang Bisa Memicu Iritasi

Selain makanan, hindari juga produk-produk yang dapat meningkatkan risiko iritasi pada bagian saluran kemih. Mulai dari semprotan vagina, sabun kewanitaan yang tidak jelas kandungannya, tisu toliet yang mengandung pewangi, hingga alat KB yang mengandung pembunuh sperma.

Penggunaan produk yang secara langsung bersentuhan dengan bagian tersebut idealnya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Anda, sehingga tidak meningkatkan risiko iritasi.

Beberapa cara lain mengatasi anyang-anyangan, secara medis, adalah dengan menggunakan antibiotik yang diresepkan dokter, obat anti jamur, atau dengan terapi tertentu. Pada dasarnya, sebisa mungkin konsultasikan keluhan ini pada dokter agar mendapatkan solusi terbaik untuk segera menyembuhkannya.

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini