Info

5 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Asam Urat Kambuh, Ingat Konsumsi Secukupnya

Ada beberapa makanan khas Lebaran yang bikin asam urat kambuh lho!

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makanan bersantan khas Lebaran. (Pixabay/Polymanu)
Ilustrasi makanan bersantan khas Lebaran. (Pixabay/Polymanu)

Himedik.com - Hal apa yang tak mungkin dihindari saat momen Lebaran tiba? Salah satunya adalah makanan khas Lebaran, yang selalu ditunggu setiap kali perayaan hari kemenangan tiba. Namun sebenarnya, ada beberapa makanan lebaran yang bikin asam urat kambuh lho!

Kambuhnya asam urat sebenarnya dipicu oleh masuknya purin ke dalam tubuh, dalam jumlah yang terlalu banyak. Purin akan membuat asam urat terasa makin parah, maka yang perlu dipastikan adalah bahwa Anda bisa mengontrol jumlah konsumsi makanan-makanan dengan kandungan purin tinggi.

Makanan Khas Lebaran yang Bikin Asam Urat Kambuh

1. Daging Merah

Daging kambing dan daging sapi sepertinya adalah dua bahan yang tidak bisa absen dari sajian makanan lebaran. Namun demikian ternyata konsumsi terlalu banyak dapat memicu peningkatan asam urat di dalam tubuh, sehingga membuatnya kambuh.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggantinya dengan daging putih (ayam atau kalkun), atau sajian tempe atau tahu. Dalam jumlah sedikit tentu tak masalah, namun untuk mengetahui porsi amannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

2. Jeroan

Tidak lengkap rasanya menyantap gulai tanpa keberadaan jeroan di dalam masakan tersebut. Meski nikmati, konsumsi jeroan juga sebenarnya tidak disarankan untuk penderita asam urat karena dapat memicu kambuhnya keluhan tersebut.

Berbicara mengenai purin, hampir semua jeroan mengandung purin yang tinggi. Artinya, akan sangat lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Jeroan ati ampela ayam. (Shutterstock)
Jeroan ati ampela ayam. (Shutterstock)

3. Seafood

Menjadi pengetahuan umum jika penderita asam urat tidak diperbolehkan mengkonsumsi terlalu banyak makanan laut atau seafood. Mulai dari sarden, teri, udang, kepiting, kerang, dan lain sebagainya. Makanan laut memiliki kandungan purin yang tinggi, alasan yang jelas kenapa jenis makanan ini masuk ke dalam daftar.

4. Sayuran

Cukup mengejutkan, ternyata beberapa sayuran juga sangat pantang dikonsumsi oleh penderita asam urat. Mulai dari kacang-kacangan, bayam, asparagus, brokoli, kangkung, daun singkong, daun pepaya, jaur, dan beberapa sayuran lainnya.

Efek baik tetap bisa didapatkan dari konsumsi makanan tersebut, namun dalam porsi yang terlalu banyak efeknya justru akan buruk untuk asam urat Anda.

5. Emping dan kacang

Selain makanan berat, Lebaran identik dengan adanya berbagai camilan, mulai dari kue kering, kacang, dan emping. Untuk dua terakhir, yakni emping dan kacang harus dibatasi konsumsinya agar asam urat tidak kambuh. Karena keduanya mengandung purin yang cukup tinggi.

Nah beberapa makanan lebaran yang bikin asam urat kambuh di atas sebaiknya dihindari agar Anda bisa tetap memiliki kondisi kesehatan yang stabil. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda, untuk mengetahui batas aman konsumsi makanan di atas, jika memang tidak bisa benar-benar dihindari. Semoga berguna, dan selamat beraktivitas kembali.

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini