Info

Simvastatin Jadi Obat Andalan Penderita Kolesterol saat Lebaran, Ketahui Aturan Minumnya

Simvastatin adalah obat golongan statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)

Himedik.com - Simvastatin obat apa? Ketika kadar kolesterol Anda tinggi, simvastatin bisa menjadi salah satu obat yang diandalkan.

Selain karena pola makan yang tidak sehat, kenaikan kolesterol ini kerap terjadi secara mendadak saat lebaran. Pasalnya makanan khas lebaran yang berlemak memang merupakan salah satu sumber kolesterol.

Lantas, bagaimana simvastatin bisa menjadi obat untuk menurunkan kolesterol? Berikut ulasannya.

Apa itu obat simvastatin?

Mengutip dari laman Mayo Clinic, simvastatin adalah obat golongan statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Obat yang termasuk dalam golongan obat keras ini akan bekerja dengan cara menghambat kinerja enzim pembentuk kolesterol. Dengan begitu, jumlah kolesterol akan perlahan berkurang.

Namun tentu saja kinerja obat simvastatin akan menunjukkan hasil yang maksimal ketika dibarengi dengan perubahan pola hidup. Mulai dari mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan, olahraga teratur, dan berhenti merokok.

Ilustrasi obat-obatan - (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi obat-obatan - (Pixabay/PublicDomainPictures)

Aturan pakai simvastatin

Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah 10 tahun dan ibu hamil maupun menyusui. Sementara itu, dosis pemakaiannya akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan secara keseluruhan dan gejala yang menyertai.

Pada umumnya, dosis yang diberikan dokter hanya berkisar pada 10 mg per hari. Setiap orang mungkin menerima dosis yang berbeda. Selalu ikuti anjuran dokter dan aturan pada kemasan saat mengonsumsi simvastatin.

Simvastatin, obat wajib saat lebaran

Dengan manfaatnya sebagai obat penurun kolesterol, simvastatin kerap diandalkan ketika lebaran karena konsumsi makanan berlemak yang kadang tidak terkontrol.

Namun perlu Anda ingat bahwa simvastatin merupakan golongan obat keras. Ini berarti bahwa penggunaannya harus didasarkan dengan resep dokter. Anda tidak bisa langsung mengonsumsinya ketika merasakan gejala kolesterol tinggi seperti kenaikan berat badan mendadak dan mudah lelah.

Oleh karena itu langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat merasa kolesterol sudah tinggi ketika lebaran adalah berhenti mengonsumsi makanan yang menyebabkan lonjakan kolesterol tersebut dan meningkatkan makanan tinggi serat.

Jika kondisi tidak kunjung membaik, Anda bisa periksa ke dokter untuk mendapatkan resep obat simvastatin.

Demikian informasi mengenai simvastatin obat apa. Pastikan Anda selalu mengonsumsinya sesuai anjuran dokter.

(Hillary Sekar Prawesti)

Berita Terkait

Berita Terkini