Pria

Benarkah Kopi Bisa Hilangkan Efek Mabuk?

Sebagian orang bakal mengalami reaksi mabuk setelahmengonsumsi minuman beralkohol. Namun beberapa di antara mereka mengakali berkurangnya tingkat kesadaran ini dengan menyeruput kopi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi kopi. [Shutterstock]
Ilustrasi kopi. [Shutterstock]

Himedik.com - Sebagian orang bakal mengalami reaksi mabuk setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

Namun beberapa di antara mereka mengakali berkurangnya tingkat kesadaran ini dengan menyeruput kopi.

Nah, tapi benar nggak sih kopi bisa hilangkan efek mabuk?

Dalam acara Food Monday Unwrapped di BBC Channel 4, Profesor Tony Moss dari London South Bank University menyebut bahwa kopi tidak berperan menurunkan kadar alkohol dalam darah.

Jadi bila ditanyakan benarkah kopi bisa hilangkan efek mabuk?  Jawabnya adalah tidak. 

Sebaliknya, ia mengatakan bahwa, "Meski Anda mungkin merasa lebih waspada setelah menyeruput kafein di dalam kopi, koordinasi tangan dan mata Anda akan tetap berada di bawah kendali alkohol."

Untuk menguji teori ini, Moss mengajak lima responden ke pub di mana masing-masing dari mereka diminta minum vodka yang tentu saja mengandung alkohol, dan berpotensi  membuat mereka mabuk.

Kemudian, mereka diberi tes koordinasi tangan dan mata, yaitu membuat lingkaran di tepi logam tanpa menyentuhnya. Hasilnya, lima responden  gagal menyelesaikan tugas.

Lantas Moss memberikan secangkir kopi pada seluruh responden. Mereka merasa lebih terjaga setelah menyeruput minuman berkafein itu. Peneliti pun kembali memberikan tes koordinasi tangan dan mata. Lagi-lagi,  mereka gagal membentuk lingkaran di tepi logam tanpa menyentuhnya.

Untuk melihat perbedaan kadar alkohol sebelum dan sesudah diberi kopi, Moss pun menguji responden dengan breathalyser. Hasilnya, kadar alkohol dalam darah mereka tidak berubah meski diberi kopi.

"Kami menemukan bahwa kopi bukan penawar alkohol. Satu-satunya hal yang akan membuat orang sadar dari mabuk adalah menunggu waktu, sampai kandungan alkohol habis," ujar Moss.

Temuan ini didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2009. Hasilnya senada, yaitu mengungkap efek konsumsi alkohol dan kafein. Meskipun tidak ada obat ajaib untuk menenangkan diri, ada makanan dan minuman bebas pengawet yang bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh bugar setelah menenggak alkohol.

"Setelah mengonsumsi alkohol, tubuh  mengalami dehidrasi sehingga sangat penting untuk minum air lebih banyak dari biasanya," Rhiannon Lambert, seorang pakar nutrisi.

Kedua, Moss menganjurkan untuk menyantap hidangan bergizi tinggi di pagi hari setelah mabuk, untuk membantu kondisi tubuh lebih cepat pulih.

So, benarkah kopi bisa hilangkan efek mabuk? Tentu saja nggak.

Suara.com/Firsta Nodia

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Benarkah Kopi Bisa Hilangkan Efek Mabuk?

Berita Terkait

Berita Terkini