Pria

Kacang Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria, Begini Kata Pakar

Para pria wajib baca nih! Kacang ternyata bisa bikin kamu makin subur. Baca penjelasannya di sini ya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Himedik.com - Kacang yang bisa kamu temukan di pasar atau toko-toko makanan ternyata punya segudang manfaat lho. Bukan hanya sebagai makanan penambah energi, kacang juga bisa bikin para pria makin subur.

Para peneliti di Spanyol membenarkan penemuan ini. Dari laman medicaldaily, Himedik.com menemukan makan 60 kacang campuran setiap hari selama 14 minggu secara signifikan meningkatkan kualitas sperma pria.

Sebanyak 119 pria yang berusia antara 18 dan 35 tahun terlibat dalam penelitian yang dilakukan di Barcelona ini. Kelompok pertama mengonsumsi 60 gram kacang yang terdiri dari almond, hazelnut, dan walnut.

Sedangkan kelompok kedua tak makan kacang sama sekali. Penelitian ini berlangsung selama hampir 4 bulan.

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Hasilnya, orang yang makan kacang setiap hari mengalami peningkatan jumlah sperma.

Rata-rata jumlah sperma menjadi 16 persen lebih tinggi daripada mereka yang tak makan sama sekali. Bukan hanya jumlah, tapi vitalitas, gerakan dan bentuk sperma juga mengalami peningkatan.

Penulis studi Albert Salas-Huetos dari Universitas Rovira dan Virgili di Reus di Spanyol mengatakan kacang-kacangan adalah kunci diet sehat.

Semua kacang bisa memberikan protein, kalsium, antioksidan seperti vitamin C dan E, omega tiga serta folat.  Kacang juga dianggap sebagai sumber serat dan lemak sehat.

Selain makanan, banyak faktor lain seperti rokok, paparan radiasi, stres dan berat badan yang juga bisa berkontribusi pada infertilitas pria.

Ingat, kesuburan juga sangat berpengaruh pada kesehatanmu. Jadi, kapan nih mau makan kacang?

Berita Terkait

Berita Terkini