Pria

Cegah Kanker Prostat Sebelum Terlambat dengan Lima Cara Ini

Cegah kanker prostat sejak dini!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kanker prostat/Plant Smart Living
Kanker prostat/Plant Smart Living

Himedik.com - Kanker prostat merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan prostat. Prostat adalah kelenjar kecil yang menghasilkan sperma dan terletak di bawah kandung kemih. Ukuran dari kelenjar ini kira-kira sebesar biji kenari.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kanker prostat adalah kanker paling umum yang terjadi pada pria. Risiko ini semakin tinggi seiring bertambahnya usia.

Beberapa gejala dari kanker prostat, meliputi:

1. Adanya darah dalam urin
2. Merasa nyeri atau panas saat kencing atau ejakulasi
3. Lebih sering kencing saat malam hari
4. Merasa kandung kemih yang selalu penuh, dan
5. Tekanan untuk buang air kecil berkurang

Melansir dari mayoclinic, Himedik menemukan lima cara mencegah kanker prostat sejak dini. Simak yuk!

1. Pilih diet sehat

Sayuran/pexels
Sayuran/pexels

 

Beberapa penelitian menemukan diet sehat yang rendah lemak dan penuh buah serta sayuran bisa mengurangi risiko kanker prostat. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan atau produk susu yang rendah lemak (diusahakan tanpa lemak).

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi jumlah lemak dalam jumlah banyak memiliki risiko peningkatan kanker ini. Selain bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kanker ini, kamu juga bisa mengendalikna berat badan dan membuat jantung menjadi semakin sehat.

Konsumsi lebih banyak lemak tumbuhan daripada lemak hewan karena lemak hewan bisa meningkatkan risiko kanker ini. Salah satu contoh produk hewani yang mengandung lemak adalah mentega. Kamu bisa memilih lemak nabati misalnya minyak zaitun untuk memasak.

2. Makan ikan

Ikan/pexels
Ikan/pexels

 

Selain buah dan sayuran, konsumsi ikan juga bisa mencegahmu dari kanker prostat. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Cara lain untuk mendapatkan suplemen omega 3 adalah dari biji rami.

3. Kurangi asupan produk susu

Susu. (Shutterstock)
Susu. (Shutterstock)

 

Dalam sebuah studi, pria yang mengonsumsi produk susu paling banyak seperti susu, keju dan yogurt adalah memiliki risiko tertinggi terkena kanker prostat. Namun studi selanjutnya mengatakan bahwa hanya sedikit pengaruh susu terhadap risiko terkena kanker ini.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Olahraga/pexels
Olahraga/pexels

 

Pria yang memiliki obesitas dengan indeks massa tubuh sebesar 30 atau lebih tinggi memiliki peningkatan risiko kanker prostat. Jika kamu kelebihan berat badan, cobalah untuk olahraga serta diet sehat yang kaya buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian untuk mendapatkan berat badan ideal.

Kamu dapat melakukannya dengan mengurangi jumlah kalori yang kamu makan setiap hari dan jangan lupa untuk berolahraga, usahakan setiap hari dalam seminggu. Olahraga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lainnya.

Ketika kamu mulai berolahraga, lakukan secara perlahan. Tambahkan aktivitas fisik misalnya dengan memarkir mobil atau motor agak jauh dari tempatmu atau bisa memilih untuk naik tangga daripada lift.

5. Minum empat hingga lima cangkir kopi setiap hari

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi

 

Dilansir dari healthline, minum empat sampai lima cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan kemungkinan kanker prostat sekitar 11 persen.

Sebuah penelitian di Norwegia meneliti hubungan antara bagaimana cara kopi disajikan dengan kanker prostat. Pria yang minum kopi yang direbus tampaknya memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat daripada pria yang minum kopi dengan disaring atau tidak sama sekali.

Ayo cegah kanker prostat sejak sekarang!

Berita Terkait

Berita Terkini