Pria

Pria, Ini Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

Yoga bisa tingkatkan kualitas sperma, salah satunya yoga asanas.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi gerakan yoga. (Gqindia)
Ilustrasi gerakan yoga. (Gqindia)

Himedik.com - Nyatanya stres dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan olahraga, salah satunya yoga.

Dilansir dari Menshealth, ahli genetika dari All India Institute of Medical Sciences di India, Rima Dada, Ph.D, mengatakan bahwa yoga dapat membuat sperma lebih sehat.

Hal ini dibuktikan dengan melakukan riset terhadap seorang pria yang melakukan yoga selama lima hari dalam seminggu. Hasilnya memperlihatkan penurunan pada stres hanya dalam waktu 15 hari. Kerusakan DNA pada sperma juga membaik setelah enam bulan.

Sementara itu, menurut ahli yoga, Nilesh Dahiya, salah satu pose yoga yang cukup membantu meningkatkan kualitas sperma adalah yoga asanas. Sebab yoga ini lebih fokus pada postur tubuh yang juga memengaruhi motilitas (pergerakan) racun, hormon, dan stres.

Dikutip The Health Site, berikut gerakan yoga asanas seperti yang dicontohkan Nilesh.

Sarvangasana

Sarvangasana. (shutterstock)
Sarvangasana. (shutterstock)

Sarvangasana merupakan gerakan berbaring dan mengangkat kedua kaki ke atas secara tegak lurus. Tahan tubuh dengan kedua bahu dan tangan memegang perut.

Efek yang paling menjanjikan dari gerakan ini dapat membantu memperkuat kelenjar adrenal, yang bekerja pada testis. Jadi dapat membantu dalam meningkatkan potensi sperma.

Brahmacharyasana

Brahmacharyasana. (sajeevayoga)
Brahmacharyasana. (sajeevayoga)

Gerakan ini berupa kedua tangan menumpu pada lantai. Perlahan-lahan angkat tubuh dan kedua kaki lurus ke depan. Gerakan ini bisa dilakukan bila gairah seksual berkurang dan bermanfaat mengatur kinerja testis.

Kandharasana

Kandharasana. (yogaart.rs)
Kandharasana. (yogaart.rs)

Gerakan ini berupa posisi tubuh layaknya kayang. Tapi kedua tangan memegang pergelangan kaki dan kepala menyentuh matras. 

Manfaat gerakan ini memperkuat fungsi sperma mencegah ketidaksuburan. Hal ini sangat bagus meningkatkan hasrat seksual pria dan wanita.

Paschimottanasana

Paschimottanasana. (yogajournal)
Paschimottanasana. (yogajournal)

Gerakan ini berupa duduk dengan meluruskan kedua kaki. Perlahan-lahan membungkuk dan kedua tangan saling mengikat pada kaki. Manfaatnya adalah mengatasi ejakulasi dini dan membuat sperma menjadi lebih kuat.

Gomukhasana

Gomukhasana. (ekhartyoga)
Gomukhasana. (ekhartyoga)

Posisikan tubuh secara tegak dan kaki saling bersilang seperti bersila. Angkat satu lengan ke belakang (dari atas kepala ke punggung), sedangkan lengan satunya mengarah ke belakang punggung dari sisi sebelah perut.

Fungsi gerakan ini membantu atasi kecemasan kinerja, sirkulasi darah yang buruk, dan gangguan hormonal, yang menyebabkan jumlah sperma rendah.

 

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini