Pria

Jungkal McGregor, Ini Manfaat Bersyukur Seperti Khabib

Bersyukur itu membawa efek yang baik untuk kesehatan.

Rauhanda Riyantama

Khabib Nurmagomedov. (Instagram/khabib_nurmagomedov)
Khabib Nurmagomedov. (Instagram/khabib_nurmagomedov)

Himedik.com - Pertarungan Ultimate Fighting Championship (UFC) antara Conor McGregor melawan Khabib Nurmagomedov memang menyedot perhatian publik dunia. Lantaran kedua petarung tersebut memiliki sejarah rivalitas yang cukup alot.

Pertarungan yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu (7/10/2018), akhirnya dimenangkan oleh Khabib. Duel sengit kelas ringan itu memang menjadi tejuk utama pada gelaran UFC 229 untuk memperebutkan gelar juara yang dipegang Khabib.  

Namun, di balik pertarungan ini ada momen yang cukup heroik. Mana kala Khabib selalu mengucap syukur 'Alhamdulillah, Alhamdulillah' pada sebelum dan setelah bertarung.

Dari kacamata medis, ternyata mengucap syukur yang kerap dilontarkan Khabib memiliki manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Suara.com berikut manfaat bersyukur untuk kesehatan fisik hingga mental

1. Turunkan risiko penyakit jantung

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 pernah membuat survei yang ditujukan pada 186 pria dan wanita yang memiliki masalah dengan jantung. Hasilnya menunjukkan bahwa ada kaitannya antara masalah jantung dengan rasa bersyukur seseorang.

"Kami menemukan koresponden yang tetap menulis pada jurnal kesyukuran selama delapan pekan menunjukkan pengurangan level sirkulasi dari penyebab penting peradangan, serta peningkatan variabilitas detak jantung ketika mereka menulis," ujar Paul J Mills, peneliti dari Family Medicine and Public Health University of California, San Diego kala itu.

Para peneliti menemukan seseorang yang bersyukur akan kondisinya, maka mood akan menjadi lebih baik, dan kualitas tidur semakin baik. Hal itu berimbas pada berkurangnya peradangan pada anggota tubuh, termasuk gejala yang mengarah pada sakit jantung.

2. Bersyukur membuat orang lebih sabar

Melansir dari Time, peneliti dari Universitas Northeastern, Boston, Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang merasa bersyukur itu menjadikan dirinya lebih baik dalam menentukan pilihan.

Ketika 105 mahasiswa ditanya memilih menerima uang dalam jumlah sedikit dalam waktu yang cepat atau uang dalam jumlah banyak dikemudian hari. Menghasilkan jawaban mahasiswa yang memilih pilihan kedua lebih mampu bertahan dan ia mengaku dirinya tenang.

3. Bersyukur memperbaiki kepedulian diri

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan korelasi positif antara rasa syukur dan kebiasaan keseharian populasi yang diteliti. Hasilnya adalah memiliki rasa syukur yang tinggi membantu orang menghargai dan merawat tubuh mereka.

4. Menjaga kesehatan mental remaja

Remaja yang pandai bersyukur tentulah lebih bahagia. Ia akan bertingkah laku lebih baik di sekolah hingga lebih bisa diharapkan ketimbang teman-temannya yang kurang bersyukur.

"Lebih pandai bersyukur mungkin adalah hal yang diperlukan oleh masyarakat kita untuk menumbuhkan generasi yang siap membuat perbedaan pada dunia," kata peneliti Giacomo Bono, PhD, seorang profesor psikologi dari California State University seperti dilansir Huffingtonpost.

5. Disukai banyak orang

Peneliti membuat survei kepada 70 mahasiswa untuk menjadi penilai calon mahasiswa baru. Penelitian dipublikasikan dalam jurnal Emotion pada 2014 ini meminta 70 mahasiswa senior mengomentari esai calon mahasiswa baru, kemudian akan menerima balasan berupa ucapan terima kasih dan ada yang tidak mengucapkan terima kasih.

Mahasiswa senior yang menerima ucapan terima kasih dari calon juniornya mengidentifikasi si pemberi terima kasih ini sebagai orang yang ramah. Lantaran itu para senior mengaku siap dan ikhlas memberikan lebih banyak informasi yang dibutuhkan bagi para adik kelasnya.

6. Meningkatkan kesejahteraan

Sebuah studi dalam Journal of Personality and Social Psychology yang dipublikasikan pada 2003  mengungkapkan rajin bersyukur dapat mendorong kesejahteraan seseorang. Pandangan hidup orang yang bersyukur dinilai lebih cerah serta memunculkan banyak hal-hal positif kepada orang tersebut.

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Hajar McGregor, Selalu Bersyukur Kayak Khabib Baik Bagi Kesehatan

Berita Terkait

Berita Terkini