Pria

Cauliflower Ears, Penyebab Daun Telinga Petarung MMA Bengkak

Cauliflower ears atau auricular hematoma terbentuk akibat benturan pada telinga yang terjadi berkali-kali.

Rauhanda Riyantama

Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor. (Instagram/mma_russia)
Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor. (Instagram/mma_russia)

Himedik.com - Pertarungan UFC yang dimenangkan Khabib Nurmagomedov saat melawan Conor McGregor memang menyisakan pro dan kontra. Namun di balik itu, duel tersebut menyuguhkan pertunjukan olahraga seni bela diri yang menarik.

Terlepas dari itu semua, pernahkah kamu memperhatikan kondisi daun telinga para petarung Mixed Martial Arts (MMA) yang terlihat aneh dan seperti bengkak? Ya, kondisi ini disebut cauliflower ears atau auricular hematoma, yang terbentuk akibat benturan pada telinga yang terjadi berkali-kali.

Auricular hematoma terjadi karena pembuluh darah di dalam kulit rusak akibat bertarung atau latihan yang intens. Area kuping yang rusak itu akan terisi dengan darah kental. Biasanya ada penanganan khusus untuk mengurangi penggumpalan. Tetapi, kadang juga dibiarkan, darah pun mengeras dan menjadi perubahan telinga yang permanen.

Para petarung MMA semestinya mempunyai dasar dari setiap ilmu bela diri, dan memiliki satu ilmu bela diri yang jadi andalan saat bertarung. Contoh ilmu bela diri dasar seperti gulat atau jujitsu. Saat berlatih gulat, telinga memang banyak kontak dengan lawan atau juga bergesekan dengan matras atau lantai.

Selain itu, biasanya pada gerakan tertentu ketika bertarung, sisi samping kepala harus menempel ke anggota tubuh lawan atau teman sparring. Ini untuk memaksimalkan teknik gulat yang akan dilakukan.

Meski ada cara untuk mengobatinya ke dokter, petarung kadang tidak ingin menghilangkan cauliflower ears. Bahkan mereka mau mempertahankan kerusakan permanen itu. Menurut mereka, mempunyai cauliflower ears adalah salah satu tanda bahwa mereka adalah 'jagoan' yang punya jam terbang tinggi dan pengalaman segudang.

Berita Terkait

Berita Terkini