Pria

Studi: Mantan Perokok Butuh 15 Tahun untuk Hilangkan Dampak Rokok

Butuh waktu 15 tahun untuk menghilangkan seluruh risiko masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi berhenti merokok. (shutterstock)
Ilustrasi berhenti merokok. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi mantan perokok, berhenti merokok saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain terbentur efek kecanduan dari rokok, faktor lingkungan pun juga memengaruhi.

Di sisi lain, untuk mengembalikan fungsi tubuh seperti semula cukup menyita waktu. Sebuah studi dari Vanderbilt University, AS, menyebut butuh waktu 15 tahun bagi mantan perokok untuk bisa menghapus seluruh dampak buruk rokok dan mengembalikan fungsi organ seperti semula.

"Kabar baiknya, jantung dan pembuluh darah merupakan organ tercepat yang bisa kembali normal pasca berhenti merokok," ujar pemimpin studi Meredith Duncan, dikutip dari Daily Mail.

Studi dilakukan dengan menganalisis data 8.700 partisipan yang sudah berhenti merokok. Studi menunjukkan bahwa persentase perokok di masyarakat semakin menurun di zaman sekarang.

Hasil studi menunjukkan berhenti merokok menurunkan risiko kematian lebih dini sebesar 38 persen. Namun, butuh waktu 15 tahun untuk menghilangkan seluruh risiko masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok.

Meski begitu, peneliti mengatakan tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Dampak berhenti merokok bisa langsung dirasakan bahkan seminggu pasca berhenti.

"Jadi bagi perokok berat pun, berhenti merokok tetap memiliki manfaat," pungkas Duncan.

 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Mantan Perokok Butuh 15 Tahun untuk Hapus Dampak Buruk Rokok

Berita Terkait

Berita Terkini