Pria

Hari Ayah 2018, Ini Faktor Sosok Ayah di Balik Kecerdasan Anak

Selain ibu, ayah juga punya peran penting meningkatkan kecerdasan buah hati

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Hari Ayah 2018, Ini Faktor Sosok Ayah di Balik Kecerdasan Anak. (unsplash)
Hari Ayah 2018, Ini Faktor Sosok Ayah di Balik Kecerdasan Anak. (unsplash)

Himedik.com - 12 November diperingati sebagai Hari Ayah. Bicara soal ayah tentu bisa mengundang banyak kisah baik itu senang, sedih, dendam maupun kecewa.

Tentu setiap orang punya ceritanya masing-masing tentang public figure ini. Ada yang menjadikannya panutan namun ada yang jika hanya menyebut namanya pun bahkan tak mau.

Di sisi lain, jika kita mengorek lebih dalam, sosok ini punya andil dalam memengaruhi tingkat IQ seorang anak. Peran ayah dalam kecerdasan seorang anak tentu sangat diperhitungkan.

Bagaimana tidak, sebuah penelitian mengungkapkan kebenaran akan hal ini. Penelitian ini dilakukan oleh tim Imperial College London.

Penelitian ini menunjukkan jika ayah yang mengurus anak serta sering berkomunikasi dengan buah hati dapat memberi efek positif yakni tingkat kecerdasan anak meningkat.

Hari Ayah 2018, Ini Faktor Sosok Ayah di Balik Kecerdasan Anak. (unsplash)
Hari Ayah 2018, Ini Faktor Sosok Ayah di Balik Kecerdasan Anak. (unsplash)

 

Misalnya ayah yang sering mengajak anaknya menyanyi, bermain bersama atau membacakan buku sebelum anak tidur.

Menurut ketua peneliti, Paul Ramchandani, ayah yang mengajak anaknya main sedari dini mampu meningkatkan IQ sang anak.

Penelitian ini melibatkan 128 ayah dengan sang anak yang baru berusia 3 bulan. Bayi-bayi ini pun diuji tingkat kecerdasan mereka ketika mereka sudah balita.

Hasilnya, IQ tinggi dimiliki oleh mereka yang selalu berinteraksi dengan ayahnya. Begitu pun sebaliknya.

Penelitian semacam ini juga pernah dilakukan pada 2002. Hasilnya pun sama. Anak yang selalu terlibat bersama sang ayah ketika bermain atau melakukan aktivitas apa pun memiliki prestasi yang baik.

Bahkan mereka juga menikmati kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan sekolah lain. Prestasi akademik pun meningkat.

Studi lain di tahun 2012 mengemukakan anak perempuan yang dekat dengan sang ayah memiliki kepuasan hidup yang lebih baik serta kepercayaan dirinya bertambah.

Terlepas dari itu, faktor kecerdasan anak juga sangat dipengaruhi oleh genetik khususnya dari ibu. Untuk itu, peran ayah dan ibu sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Berita Terkait

Berita Terkini