Pria

Studi Terbaru Temukan Gel Pencegah Hamil, Wah Ada-ada Saja

Gel yang dinamai NES/T mengandung senyawa progestin segesteron asestat yang dikombinasikan dengan testosteron.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi kondom. (shutterstock.com)
Ilustrasi kondom. (shutterstock.com)

Himedik.com - Terbaru, sebuah penelitian menemukan gel yang mampu mencegah kehamilan. Dengan kehadiran benda ini diharapkan mampu menjadi alternatif alat konstrasepsi pengganti kondom yang sudah dianggap kuno.

Seperti diberitakan New York Post, National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat yang mendanai penelitian ini akan terus mengevaluasi efektivitas gel sehingga bisa digunakan sebagai konstrasepsi pria. Dan jika sudah terbukti keampuhannya diharapkan dapat menggantikan kondom atau vasektomi.

Gel yang dinamai NES/T mengandung senyawa progestin segesteron asestat yang dikombinasikan dengan testosteron. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup dioleskan di punggung dan bahu yang kemudian diserap melalui kulit. 

Pihak NIH mengklaim, progestin dalam gel pencegah hamil ini dapat memblokir testosteron alami di testis. Tujuannya untuk mengurangi produksi sperma hingga tingkat yang paling rendah atau hingga benar-benar tidak ada. 

Sementara pengganti testosteron berfungsi untuk mempertahankan dorongan seks agar tetap normal dan dapat bekerja seperti biasanya. Para peneliti pun berencana untuk mengujicoba gel tersebut pada sekitar 420 pasangan.

"Banyak wanita tidak dapat menggunakan kontrasepsi hormonal dan metode kontrasepsi pria yang hanya terbatas vasektomi dan kondom," kata Diana Blithe, dari bagian kesehatan anak dan pengembangan manusia NIH.

Rencananya pengujian tersebut akan dilakukan di Los Angeles Biomedical Institute, University of California Los Angeles Medical Center, atau University of Washington di Seattle dalam beberapa waktu dekat.

Berita Terkait

Berita Terkini