Pria

Sering Begadang? Waspada Kualitas Sperma Menurun

Perhatikan jam tidurmu jika tidak ingin kualitas sperma menurun.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Ilustrasi pria begadang. (unsplash/@RU Recovery Ministries)
Ilustrasi pria begadang. (unsplash/@RU Recovery Ministries)

Himedik.com - Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kualitas sperma, satu diantaranya adalah kebiasaan begadang atau tidur larut malam.

Diketahui setiap pria dewasa bisa menghasilkan sekitar 40 juta sel sperma dalam setiap ejakulasi. Meski begitu, hal ini tergantung pada gaya hidup.

Pria yang mendapatkan jam tidur kurang lebih tujuh hingga delapan jam setiap malam memiliki jumlah dan kualitas sperma yang bagus dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur kurang dari itu.

Penelitian ini dilakukan oleh periset dari Harbin Medical University di Cina pada 2017 dan University of Southern Denmark pada 2013.

Periset mengatakan pria yang mendapatkan waktu tidur kurang dari 8 jam memiliki sperma yang berumur pendek.

Hormon testosteron diproduksi sebagian besar ketika pria tidur. Ketika jam tidur terganggu, maka produksi hormon ini pun akan terganggu.

Ilustrasi lelaki dengan gangguan tidur atau insomnia. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki dengan gangguan tidur atau insomnia. (pinterest)

 

Pria yang memiliki jam tidur yang kurang biasanya akan memilih merokok atau minum alkohol untuk membantunya tidur lebih cepat.

Periset mengatakan tindakan ini justru lebih membuat kualitas sperma semakin memburuk.

Merokok bisa memperlambat serta mengganggu pergerakan keluarnya sperma. Tidak hanya itu, ini juga bisa berisiko menyebabkan impotensi.

Hasilnya, kualitas sperma menjadi menurun dan bisa berefek pada ketidaksuburan.

Sementara untuk meningkatkan kualitas sperma, kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Konsumsi kalsium dari sayuran

Sayur brokoli dan kubis sangat baik bagi kesehatan sperma. Dua makanan ini juga bisa mengeluarkan racun sekaligus membersihkan hati. Tidak kalah penting adalah untuk memperbaiki kualitas sperma.

2. Kurangi konsumsi kacang kedelai

Hindari bahan makanan ini. Pasalnya konsumsi kacang kedelai yang terlalu banyak bisa menurunkan produksi sperma dan kesuburan pria karena mengandung efek estrogenik atau hormon yang mirip wanita.

3. Hindari pemakaian plastik untuk makanan

Hindari hal ini jika kamu mau kualitas spermamu tidak turun. Bahan plastik yang digunakan secara terus menerus akan masuk ke dalam tubuh dan bisa berefek buruk pada sperma. Coba ganti dengan wadah kaca atau aluminium.

Berita Terkait

Berita Terkini