Pria

Punya Kebiasaan Cium Kaus Kaki, Pria Ini Alami Hal Tak Terduga

Kebiasaan yang tak lazim ini sebaiknya jangan ditiru ya.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Kaus kaki. (unsplash/@Jisu Han)
Kaus kaki. (unsplash/@Jisu Han)

Himedik.com - Kebiasaan setiap orang tentu berbeda. Mulai dari hal yang masuk akal hingga di luar nalar, satu contohnya seperti yang dilakukan oleh seorang pria asal Provinsi Fujian, China.

Ia diketahui memiliki kebiasaan mengendus kaus kakinya selepas pulang kantor. Kebiasaan itu, ia lakukan setiap sore saat tiba di rumah.

Dilansir dari shanghai, kebiasaannya itu membuat pria tersebut mengalami masalah kesehatan. Menurut tim medis di kota Zhangzhou, pria itu menderita infeksi jamur di paru-parunya.

Salah satu dokter mengatakan, hal itu tampaknya disebabkan oleh obsesinya mengendus kaus kaki. Dokter juga menambahkan sistem kekebalan tubuh pria itu melemah karena kurang tidur. Ia dilaporkan sering tidur larut malam karena merawat bayi.

Menurut pantauan HiMedik dari situs verywellhealth, infeksi paru-paru ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran udara dan kantung udara yang rusak.

Infeksi ini juga disebut pneumonia. Bakteri, virus, dan jamur berkumpul di kantung udara dan mulai berkembang biak.

Kantung udara dapat dipenuhi dengan nanah dan cairan yang dapat membuat pernapasan menjadi lebih sulit,  nyeri dada, dan batuk. Namun, hal ini sebenarnya bisa dicegah melalui cuci tangan yang benar dan vaksinasi.

Ilustrasi kanker paru. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi kanker paru. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

 

Berikut beberapa gejala infeksi paru-paru:

1. Demam

Suhu tubuh akan lebih tinggi atau sama dengan 38 derajat Celcius. Biasanya juga diserta dengan menggigil kedinginan.

2. Napas tersengal

Sesak napas, pernapasan cepat (takipnea) dan denyut jantung yang cepat (takikardia) juga bisa menjadi tanda-tanda infeksi paru-paru.

3. Batuk

Adanya lendir atau dahak saat batuk juga merupakan tanda infeksi paru-paru. Produksi lendir juga meningkat dan adanya perubahan warna serta bau.

4. Nyeri dada

Nyeri dada yang terkait dengan infeksi paru-paru sering digambarkan sebagai rasa sakit yang tajam di satu sisi yang semakin memburuk saat bernapas dalam-dalam. Ini disebut nyeri dada pleuritik.

Namun, nyeri dada pleuritik tidak selalu merupakan infeksi paru-paru. Ini dapat mengindikasikan masalah lain yang terjadi pada paru-paru atau jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini