Pria

Pria Wajib Baca! Sikat Gigi Dua Kali Sehari Bisa Cegah Disfungsi Ereksi

Hal ini telah terbukti secara ilmiah

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Sikat Gigi Dua Kali Cegah Disfungsi Ereksi. (Pixabay)
Sikat Gigi Dua Kali Cegah Disfungsi Ereksi. (Pixabay)

Himedik.com - Pria yang tidak menyikat gigi dua kali sehari hampir tiga kali lebih mungkin menderita disfungsi ereksi, sebuah studi menemukan.

Penyakit gusi, yang disebabkan oleh tidak menyikat gigi, bisa meningkatkan kemungkinan rusaknya pembuluh darah yang memasok darah ke Mr P.

Melansir dari daily mail, sebuah tinjauan studi yang melibatkan lebih dari 200 ribu pria telah memperkuat hubungan langsung antara kedua kondisi tersebut.

Penelitian ini menambah bukti bahwa kebersihan mulut yang buruk dapat berdampak pada kinerja pria di kamar tidur dan risiko kesehatan lainnya.

Para ilmuwan di Universitas Jinan di China meninjau lima studi tentang hubungan antara penyakit periodontal (penyakit gusi) dan disfungsi ereksi.

Mereka menemukan pria dengan penyakit gusi yang dipicu oleh kebersihan mulut yang buruk, 2,85 kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi.

Sikat Gigi Dua Kali Cegah Disfungsi Ereksi. (Pixabay)
Sikat Gigi Dua Kali Cegah Disfungsi Ereksi. (Pixabay)

 

Para ahli merekomendasikan setiap orang menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan membersihkan sela-sela gigi setiap hari dengan benang atau sikat gigi.

Menurut penelitian ini, sebagian besar pria berusia di atas 40 tahun akan mengalami disfungsi ereksi yang dikenal dengan impotensi, meskipun ini dapat memengaruhi pria di segala usia.

Impotensi merupakan kondisi ketika pria berjuang atau gagal mempertahankan ereksi ketika bercinta. Ini bisa bersifat sementara atau tahan lama, dan memiliki penyebab fisik atau mental.

Para ilmuwan meyakini disfungsi ereksi dan penyakit gusi saling terkait karena keduanya disebabkan oleh jenis peradangan yang sama di pembuluh darah.

Peradangan ini dapat dipicu oleh molekul yang disebut CRP yang ditemukan pada pria impoten dan mereka yang menderita penyakit gusi.

CRP juga meningkat pada pria yang menderita penyakit jantung. Sebuah studi yang diterbitkan tahun lalu oleh Universitas Granada di Spanyol menemukan hubungan yang sama antara kesehatan mulut dan kinerja seksual.

Hasilnya tiga perempat pria atau sekitar 74 persen yang sudah memiliki masalah ereksi juga menderita penyakit gusi. Namun, hanya 58 persen pria tanpa masalah ereksi yang memiliki kesehatan mulut.

Untuk itu, sikatlah gigi minimal dua kali sehari untuk menghindari masalah disfungsi ereksi dan kondisi kesehatan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini