Pria

Berjuang Lawan Kanker, Ini Pesan Menohok Sutopo untuk para Perokok

Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, rokok lebih banyak mudaratnya.

Vika Widiastuti

Sutopo Purwo Nugroho. (Twitter/@Sutopo_PN)
Sutopo Purwo Nugroho. (Twitter/@Sutopo_PN)

Himedik.com - Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan pesan menohok bagi para perokok. Menurutnya, sebatang rokok memiliki lebih banyak mudarat (keburukan, -red) dibanding kebaikan.

"Saya selalu sampaikan fakta bahwa setiap kita menghisap rokok, 4.000 zat kimia beracun yang akan kita hisap. Jadi mudaratnya lebih banyak daripada positifnya," kata Sutopo kepada Suara.com baru-baru ini.

Hal itu ia utarakan bukan hanya karena dirinya menderita kanker paru stadium 4B tetapi juga karena usahanya menentang kebiasaan merokok mendapat banyak pro dan kontra di masyarakat.

"Katanya, bagaimana nanti masyarakat dan sebagainya karena pajaknya (pajak rokok) besar sekali," tambah Sutopo.

Ia juga menyinggung mengenai iklan rokok yang menurutnya kerap menyesatkan. Kadang, lanjutnya, iklan dibuat seolah-olah para perokok lebih berani dan lebih gaya daripada bukan perokok.

Sutopo sendiri didiagnosis menderita kanker paru stadium 4B pada 23 Januari 2018 lalu di salah satu rumah sakit di Malaysia.

Meski bukan seorang perokok aktif, Sutopo mengaku bahwa dirinya memiliki gen kanker yang kemudian diperparah dengan paparan asap rokok dari orang-orang sekitarnya.

(SUARA.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini