Pria

Pria Alami Gangguan Penciuman, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Hidungnya

Dokter bingung mengapa hal itu terjadi dan meskipun sangat jarang, fenomena gigi dalam hidung memang pernah ditemukan.

Vika Widiastuti

Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Himedik.com - Seorang pria yang tiba-tiba mengalami kesulitan mencium bau, ternyata mengalami hal langka. Betapa tidak, ada gigi tumbuh di hidung pria tersebut. 

Ya, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ, lelaki yang tak disebutkan namanya ini mengunjungi departemen telinga, hidung, dan tenggorokan di Rumah Sakit Universitas Aarhus di Denmark setelah obat steroid untuk mengatasi hidung tersumbat tak berhasil mengembalikan fungsi indera penciumannya.

Setelah diperiksa, dokter menemukan adanya massa enamel gigi yang tertutup lendir di dinding rongga hidung lelaki tersebut. Untungnya gigi itu bisa dicabut dengan alat penjepit.

Dokter bingung mengapa hal itu terjadi dan meskipun sangat jarang, fenomena gigi dalam hidung memang pernah ditemukan. Dalam laporan kasus tersebut, dokter di Aarhus University mengatakan bahwa trauma atau infeksi di masa lalu seperti kasus bibir sumbing memang dapat mendorong gigi ke rongga hidung.

"Dalam kasus kami tidak ada penjelasan yang jelas mengapa hal itu bisa terjadi," ujar dokter dalam laporan kasus di jurnal BMJ.

Lelaki itu mengakui bahwa ia pernah mengalami patah rahang dan hidung di masa mudanya. Namun cedera itu, kata dokter, mungkin tidak menyebabkan gigi tumbuh di lubang hidungnya.

"Kemungkinan lelaki itu memiliki gigi di hidungnya dari lahir dan hanya mengalami gejala ketika daerah tersebut meradang," tambah dokter seperti dilansir Suara.com dari NY Post.

Berita baiknya adalah, setelah gigi dicabut, pasien sembuh dan tidak lagi mengalami gejala. Indera penciumannya pun berhasil dipulihkan kembali. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini