Pria

Dokter Keluarkan 40 Benda Logam dari Perut Pria Ini, Ada Magnet hingga Koin

Ini isinya.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi operasi. (instagram/@Piron Guillaume)
Ilustrasi operasi. (instagram/@Piron Guillaume)

Himedik.com - Sebanyak 40 benda logam dikeluarkan dari perut seorang pria di India. Benda-benda itu termasuk kunci, koin, dan kartu sim.

Ahli bedah juga menemukan pisau rautan pensil serta magnet, dikutip dari dailymail. Jayakumar (52), pria asal India itu menjalani operasi selama 45 menit untuk mengeluarkan semua benda-benda itu.

Dokter di Chennai, pantai tenggara India, mengatakan pasien yang memiliki gangguan kejiwaan itu bisa meninggal jika tidak dilakukan operasi.

Dr AR Venkateswaran, dari Rumah Sakit Umum Pemerintah Rajiv Gandhi, memimpin dua prosedur, menurut laporan setempat.

Dia berkata, "Jika benda-benda tidak diangkat pada waktunya, pasien mungkin telah mengembangkan komplikasi seperti perdarahan usus dan sepsis yang akhirnya menyebabkan kematian."

Dokter dengan hati-hati melakukan prosedur gastroskopi selama dua hari, mengeluarkan 22 item logam dari perut Jayakumar dan selanjutnya 18 item lainnya.

Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)

Petugas medis mengatakan benda terkecil berukuran 2cm dan sejumlah benda menempel pada magnet di dalam perutnya.

Benda-benda itu pertama kali diidentifikasi ketika ia memiliki MRI otak untuk gangguan kejiwaan dan telah menjalani perawatan selama tiga tahun.

Dr Jayanthi Rangarajan, yang bekerja di rumah sakit, mengatakan, "Karena ini adalah prosedur yang melibatkan medan magnet, masalah teknis terjadi.

“Pasien kemudian mengalami sakit perut. CT scan perut menunjukkan adanya beberapa benda logam." Dr Venkateswaran menambahkan, "Dia dirujuk ke rumah sakit kami pada minggu ketiga Februari.

'Keluarga Jayakumar tidak menyadari bahwa ia memiliki kebiasaan menelan benda. Kami memeriksa pasien dan menemukan banyak benda logam saling menempel di perut.

'Ini termasuk kunci sepeda, koin, paku besi, pisau rautan pensil, kartu SIM, dan magnet. Objek terkecil berukuran dua sentimeter.'

Dia mengatakan, "Pasien tidak mengalami cedera internal dan telah dipulangkan dan baik-baik saja sekarang."

Berita Terkait

Berita Terkini