Pria

Harus Minum Banyak Obat, Sutopo: Kadang Lebih Pahit dari Kehidupan

Ia juga mengatakan, hampir semua obat yang dikonsumsinya terasa pahit.

Vika Widiastuti

 Sutopo Purwo Nugroho. (Twitter/Sutopo_PN)
Sutopo Purwo Nugroho. (Twitter/Sutopo_PN)

Himedik.com - Berjuang melawan penyakit ganas bukanlah hal yang mudah, butuh ketelatenan dan kesabaran. Itulah yang dialami oleh Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah tersebut diketahui sedang berjuang melawan kanker paru-pari stadium 4B yang dideritanya.

Akibat penyakitnya itu, ia harus rajin mengonsumsi obat yang tak sedikit agar tetap bertahan. Seperti yang terlihat dalam ungahannya di akun Twitter @sutopo_PN, Kamis (21/3/2019).

Dalam video yang dibagikannya terlihat beberapa obat tablet berjejer, ada pula obat berbentuk sirup. Di akhir video tampak beberapa jenis buah-buahan.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat, yaitu makan sayur, buah, dan rajin berolahraga agar badan tetap sehat.

Dalam unggahan tersebut, ia juga mengatakan, hampir semua obat yang dikonsumsinya terasa pahit dan ada yang sangat mahal.

"Sehat dan sakit itu ternyata juga pilihan. Setelah divonis sakit, saya harus minum obat dan multivitamin agar tetap bertahan dari ganasnya penyakit. Hampir semua obat pahit. Bahkan kadang lebih pahit dari kehidupan. Juga ada yang sangat mahal. Makanya makanlah yang sehat-sehat," tulisnya.

Diberitakan sebelumnya, Sutopo juga mengalami skoliosis atau tulang belakang bengkok. Hal tersebut membuat postur tubuhya saat berjalan dan berdiri agak miring.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh dorongan massa kanker sehingga menyebabkan tulang belakangnya bengkok. Ia pun mengaku merasakan sakit dan nyeri di tulang belakang.

Berita Terkait

Berita Terkini