Pria

Jangan Galau Lagi, 7 Makanan Ini Ampuh Tingkatkan Jumlah Sperma

Beberapa makanan sayur, buah, dan biji-bijian dipercaya mampu meningkatkan jumlah sperma secara alami.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

<p>Pengaruh radiasi ponsel terhadap kualitas dan jumlah sperma pria (Pixabay/sciencefreak)</p>

Pengaruh radiasi ponsel terhadap kualitas dan jumlah sperma pria (Pixabay/sciencefreak)

Himedik.com - Jumlah sperma yang terlalu rendah pasti akan menjadi masalah bagi pasangan pengantin yang mendambakan seorang anak. Tetapi tak perlu khawatir, karena ada sejumlah makanan yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa sperma merupakan sel reproduksi pria yang dihasilkan oleh testis untuk membuahi sel telur wanita. Kualitas dan jumlah sperma yang rendah tentu akan mempengaruhi proses pembuahan atau program kehamilan.

Bisa terjadi pula pasangan pengantin kesulitan mendapat anak atau hamil karena jumlah sperma pria yang terlalu rendah untuk membuahi sel telur.

Jika hal tersebut sudah terjadi, biasanya pria akan mengonsumsi berbagai suplemen yang dianggap mampu meningkatkan jumlah spermanya.

Padahal sebagaian besar peneliti mengatakan mengonsumsi makanan yang kaya senyawa dan bahan kimia tertentu pun sudah cukup untuk meningkatkan jumlah sperma pria.

Ilustrasi sperma. (pixabay/TBIT)
Ilustrasi sperma. (pixabay/TBIT)

Karena itu, para peneliti, melansir dari medicalnewstoday.com, menyatakan cara terbaik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma secara alami cukup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ramah sperma.

Adapun berbagai macam makanan tinggi nutrisi yang bisa membantu menambah jumlah sperma pria.

  1. Kacang kenari dan biji-bijian
  2. Brokoli, bayam dan kangkung
  3. Ikan salmon
  4. Kerang tiram
  5. Bawang putih
  6. Pisang
  7. Kunyit dan gingseng

Selain mengonsumsi makanan tinggi nutrisi, pria juga perlu olahraga teratur, menjaga waktu tidur, mengurangi stres dan menghindari rokok. Beberapa kkebiasaan dan aktivitas tersebut termasuk yang paling memengaruhi kualitas sperma.

Berita Terkait

Berita Terkini