Pria

Kenali Penyebab dan Cara Atasi Cegukan Seperti yang Dialami Sandiaga Uno

Kontraksi diafragma diikuti penutupan tiba-tiba pita suara hingga menghasilkan bunyi 'hic' yang khas.

Vika Widiastuti

Sandiaga Uno saat bersama keluarga Menuju TPS (Suara.com/Peter Rotti)
Sandiaga Uno saat bersama keluarga Menuju TPS (Suara.com/Peter Rotti)

Himedik.com - Saat beberapa lembaga survei melakukan hitung cepat perolehan suara pada Pilpres 2019Sandiaga Uno, Cawapres nomor urut 2 sempat tak muncul ke publik. Hal ini tentu menjadi perhatian publik.

Ternyata, seperti dilansir dari Suara.com, Sandiaga sedang sakit dan tak henti-hentinya cegukan. Hal ini disampaikan oleh Tim Sukses Sandiaga, Yuga Aden.

"Sejak sore, Pak Sandiaga tidak enak badan. Sampai sekarang dia cegukan terus menerus, tak putus-putus. Akhirnya dia beristirahat di dalam kediaman Pak Prabowo (Jalan Kertanegara)," kata Yuga Aden, Rabu (17/4/2019) dikutip dari Suara.com.

Sementara itu, melansir dari mayoclinic, cegukan merupakan kontraksi diafragma yang tidak disengaja. Setiap kontraksi diikuti oleh penutupan tiba-tiba pita suara hingga menghasilkan bunyi 'hic' yang khas.

Penyebab seseorang cegukan lama seperti Sandiaga Uno (Suara.com/Fakhri)
Penyebab seseorang cegukan lama seperti Sandiaga Uno (Suara.com/Fakhri)

 

Beberapa hal bisa menyebabkan cegukan, yaitu di antaranya makan besar, minum minuman berkarbonasi, kegembiraan mendadak atau stres, dan perubahan suhu. Bahkan dalam beberapa kasus, cegukan bisa jadi tanda kondisi medis tertentu.

Biasanya cegukan hanya berlangsung selama beberapa menit. Jarang terjadi lama atau bahkan hingga berbulan-bulan. Jika berlangsung lama, cegukan bisa menyebabkan penurunan berat badan dan kelelahan.

Cegukan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika Anda mengalaminya lebih dari 48 jam atau jika sangat parah hingga menyebabkan gangguan makan, tidur, dan bernapas maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu, dikutip dari medicinenet, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan.

1. Tahan napas beberapa saat
2. Segera minum segelas air
3. Menggigit lemon
4. Berkumur dengan air
5. Jika menggunakan obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Perlu diingat, cegukan bisa dicegah dengan cara menghindari makan berlebihan, makan terlalu cepat, dan minum terlalu banyak.

Berita Terkait

Berita Terkini