Pria

Agar Tetap Prima Ternyata Jokowi Rutin Minum Ramuan Ini!

Jokowi mengaku sudah mengonsumsi ramuan ini selama 17 tahun.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Presiden Jokowi menemani puterinya melahirkan di Rumah Sakit YPK Mandiri, (Suara/Muhamad Yasir)
Presiden Jokowi menemani puterinya melahirkan di Rumah Sakit YPK Mandiri, (Suara/Muhamad Yasir)

Himedik.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan rahasia kesehatannya agar selalu tampil bugar dan prima saat menjalankan tugas negara

Selain terbiasa berkerja keras, Jokowi juga ternyata selalu mengonsumsi jamu setiap pagi sebelum bekerja. Ramuan yang selalu dikonsumsinya untuk menjaga kesehatan adalah campuran dari temulawak serta jahe.

“Saya memang sudah 17 tahun ini saya minum rutin pagi itu jamu, jamu. Berkali-kali sudah saya sampaikan membuat sendiri, temulawak 80 persen, jahenya 20 persen setiap pagi hanya pagi buat sendiri dan perut belum terisi sudah minum itu,” tutur Jokowi, melansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada Sabtu (2/2/2019).

Menurutnya, temulawak mengandung curcuma yang bagus untuk tubuh. Terutama pencernaan, ginjal serta hati.

Oleh karena itu, Jokowi mengaku sudah mengonsumsi ramuan ini selama 17 tahun.

"Kalau yang tadi (temulawak dan jahe) udah 17, 18 tahun," sambungnya.

Melansir National Center for Biotechnology Information (NCBI), temulawak bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan seperti hepatitis, diabetes, rematik , antikanker, hipertensi, gangguan jantung hingga masalah hati.

Ilustrasi Temulawak [shutterstcok]
Ilustrasi Temulawak [shutterstcok]

Rempah ini juga menunjukkan efek antidiuretik, antiinflamasi, antioksidan, antihipertensi, antihepatotoksik, antibakteri, dan antijamur.

Sedangkan berdasarkan laman herbpathy.com, temulawak mengandung katagoga yang bisa membantu hati untuk menghasilkan empedu.

Selain itu, temulawak juga efektif menyembuhkan Arthritis, masalah pencernaan dan gangguan ginjal. Ini juga mengurangi lemak darah serta menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini