Pria

Suara Raffi Ahmad Sering Hilang karena Benjolan Tenggorokan, Kok Bisa?

Suara Raffi Ahmad sering serak dan hilang karena ada benjolan di tenggorokannya, ternyata benjolan ini pengaruhi pita suara.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)
Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)

Himedik.com - Setelah liburan panjang, Raffi Ahmad justru mengeluh ada benjolan di tenggorokan yang membuat suara serak dan sering hilang di hari pertama kali kerja.

Vicky Prasetyo rekan seprofesi Raffi juga menceritakan suara suami Nagita sedang serak di hari pertama kerja setelah liburan panjang. Raffi Ahmad pun berniat melakukan pengobatan tradisional untuk mengembalikan suaranya.

"Iya (Raffi curhat) kemarin dia habis liburan abis lebaran kan ke Sydney, Bali, syuting lagi ketemu gue kan, dia bilang, 'ih gue baru mulai syuting udah langsung serak (suara) ya, gue harus digurah nih', dia sudah konsultasi juga katanya," ungkap Vicky Prasetyo saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

Menurut Vicky, Raffi Ahmad ingin gurah untuk menghilangkan benjolan di tenggorokan itu. Vicky juga mengaku sering mendengar suara Raffi Ahmad serak dan menghilang.

Karena, benjolan di tenggorkan itu pula Raffi Ahmad sempat takut jika suaranya hilang. Padahal profesinya sebagai pembawa acara menuntutnya selalu memakai suara.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berkunjung ke rumah orangtua Baim Wong, Jumat (7/6/2019). [Yuliani/Suara.com]
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berkunjung ke rumah orangtua Baim Wong, Jumat (7/6/2019). [Yuliani/Suara.com]

 

Melansir dari clevelandclinic.org, benjolan di tenggorokan yang terkait dengan suara memang terjadi di pita suara. Benjolan di pita suara ini bisa berupa nodul atau polip sesuai faktor risikonya.

Kondisi ini biasanya menyebabkan suara serak akibat penggunaan suara berlebihan atau trauma pita suara. Di sisi lain, benjolan di pita suara ini pasti sangat mengganggu aktivitas suara.

Anda perlu mengatahui bedanya nodul dan polip. Melansir dari American Speech Language Hearing Association, nodul adalah pertumbuhan yang terbentuk di pita suara.

Nodul ini bersifat jinak dan tidak memicu kanker. Hal ini bisa terjadi jika Anda salah menggunakan suara dan lipatan suara membengkak.

Lalu, polip berada di antara lipatan vokal yang terlihat seperti benjolan. Kebanyakan kasus, ukuran polip jauh lebih besar daripada nodul.

Ilustrasi benjolan di tenggorokan. (Shutterstock)
Ilustrasi benjolan di tenggorokan. (Shutterstock)

 

Nodul dan polip pada pita suara inilah yang akhirnya menyebabkan beberapa gejala suara sering serak dan menghilang seperti yang dialami Raffi Ahmad.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan suara "gatal" suara terdengar keras, kasar, sakit leher hingga sakit telinga.

Dalam kondisi ini, orang harus pergi ke dokter spesialis THT yang mengetahui betul masalah suara. Anda juga bisa berkonsultasi pada ahli saraf, ahli alergi dan dokter spesialis lain jika perlu.

Sebenarnya pengobatan dan perawatan nodul atau polip ini tergantung seberapa besar benjolannya. Biasanya orang perlu menjalani tindakan operasi untuk menghilangkan benjolan nodul atau polip ini.

Berita Terkait

Berita Terkini