Pria

Pria Ini Meninggal Setelah Minum Air Dingin Seusai Olahraga, Apa Sebabnya?

Setelah minum air dingin pasca-olahraga, pria ini tiba-tiba pingsan dan meninggal

Vika Widiastuti

Ilustrasi main bola. (Pixabay/AnnRos)
Ilustrasi main bola. (Pixabay/AnnRos)

Himedik.com - Manfaat olahraga secara teratur terhadap kesehatan memang tak diragukan lagi. Namun, bukan berati Anda harus melakukan olahraga secara berlebihan.

Perlu Anda ketahui bahwa olahraga secara berlebihan pun tidak baik dan bisa mengakibatkan masalah yang fatal. Seperti yang baru saja dialami seorang pria berusia 48 tahun ini.

Setelah melakukan latihan sepak bola instens, pria ini dilaporkan pingsan mendadak dan meninggal dunia. Menurut Setn, insiden ini terjadi di Provinsi Jiangxi, China pada 17 Juli 2019.

Dilansir dari World of Buzz, kejadian berawal saat pria itu dan teman-temannya mengunjungi tempat makan setelah mereka melakukan latihan yang intens. Salah seorang teman pria tersebut mengatakan, korban sudah terlihat berbeda.

Tak lama setelahnya, korban memesan minuman dingin, tetapi baru minum beberapa teguk, ia pingsan dan jatuh ke tanah. Teman-temannya mulai panik dan berusaha meminta tolong.

Ternyata ada seorang dokter di tempat kejadian yang kemudian bergegas mencoba menolongnya dan melakukan perawatan darurat. Namun, sayang nyawa pria tersebut tidak tertolong.

Ilustrasi olahraga lari [shutterstock]
Ilustrasi olahraga lari [shutterstock]

Peristiwa ini pun menjadi viral dan memicu beragam spekulasi di antara warganet. Mereka menyimpulkan pria itu meninggal mungkin disebabkan oleh konsumsi minuman dingin setelah latihan berat.

Beberapa berpikir, bahwa tubuhnya mungkin terlalu panas setelah latihan dan air es membuat tubuhnya terkejut.

Menepis semua spekulasi tersebut, seorang dokter mengatakan bahwa sebagian besar penyebab kematian setelah sesi olahraga adalah karena serangan jantung mendadak, atau terkait dengan otak, bahkan bisa juga heat stroke.

Faktanya, ia mengungkapkan bawa kematian akibat serangan jantung menyumbang 80 persen dari kematian yang terjadi setelah latihan intensif dan menjelaskan bahwa sangat tidak mungkin 'kejutan' pada sistem akibat minum air dingin menyebabkan pria itu meninggal.

Meski begitu perlu dicatat bahwa Anda tidak boleh minum air dingin setelah latihan yang berat, karena bisa menyebabkan kelelahan dan kram.

Menurut Spoon University tubuh Anda akan menggunakan banyak sumber energi untuk memanaskan air. Untuk itu, lebih baik konsumsi air dalam suhu ruangan.

Berita Terkait

Berita Terkini