Pria

Oddie Agam Masih Tahap Pemulihan, Apakah Penderita Stroke Akan Sembuh?

Chintami Atmanagara melalui instagram mengabarkan bahwa Oddie Agam sedang terserang stroke ringan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Chintami tengok mantan suami, Oddie Agam (Instagram/@chintamiatmanagara)
Chintami tengok mantan suami, Oddie Agam (Instagram/@chintamiatmanagara)

Himedik.com - Oddie Agam, penyanyi senior sedang menderita stroke ringan di usia 66 tahun. Menurut kabar yang diinformasikan oleh mantan istrinya, Chintami Atmanagara, kini Oddie Agam masih dalam tahap pemulihan.

Chintami Atmanagara mengabarkan bahwa kondisi sekarang Oddie Agam sedang memasuki masa penyembuhan. Ia juga menjelaskan kalau Oddie Agam baru saja terkena serangan stroke ringan.

"@ridhawatyt kena stroke ringan. Alhamdulilah sudah banyak kemajuan berkat kesabaran mbak Alma menjaganya dengan telaten dan kasih support terus menerus," jelas Chintami Atmanegara.

Selain Oddie Agam, sudah banyak tokoh hiburan yang menderita stroke. Stroke termasuk penyakit yang berbahaya jika dibiarkan.

Namun, apakah pasien stroke juga bisa sembuh total setelah pemulihan?

Oddie Agam bersama istri, Chintami Atmanagara dan putranya, Alif. [Instagram]
Oddie Agam bersama istri, Chintami Atmanagara dan putranya, Alif. [Instagram]

Menurut National Stroke Association dilansir dari Healthline, 10 persen orang yang mengalami stroke berhasil sembuh total. Lalu, sebanyak 25 persen orang berhasil pulih dari stroke dengan gangguan ringan.

Sementara, 40 persen lainnya mengalami gangguan sedang hingga berat setelah stroke. Oleh karenanya, mereka membutuhkan perawatan khusus.

Artinya, tingkat kesembuhan penderita stroke akan berbeda-beda. Pemulihan stroke yang berhasil tergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

Oddie Agam [Instagram]
Oddie Agam [Instagram]

1. Banyaknya kerusakan yang disebabkan stroke
2. Kecepatan pemulihan ketika dimulai
3. Tinggi motivasi dan kerasnya Anda berusaha untuk pulih
4. Umur saat terserang stroke
5. Riwayat medis yang mungkin memengaruhi pemulihan stroke

Para ahli medis yang membantu pasien pun menentukan besarnya peluang seseorang sembuh dari stroke. Selain itu, anggota keluarga dan kerabat dekat juga memengaruhi penyembuhan.

Anda juga perlu menanamkan pikiran positif bahwa akan sembuh dari stroke. Hal itu karena, kondisi kesehatan seseorang juga bisa dipengaruhi oleh pikiran.

Berita Terkait

Berita Terkini