Pria

Ternyata Ini Manfaat Air Rendaman Pare seperti yang Diminum Sandiaga Uno

Sandiaga memilih infused water dari pare untuk menjaga kekebalan tubuhnya, benarkah ini manfaatnya?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Penyebab seseorang cegukan lama seperti Sandiaga Uno (Suara.com/Fakhri)
Penyebab seseorang cegukan lama seperti Sandiaga Uno (Suara.com/Fakhri)

Himedik.com - Baru-baru ini Sandiaga Uno mengunggah foto dirinya sedang mengonsumsi air rendaman pare atau infused water dari pare. Lalu apa sebenarnya manfaat dari minuman ini?

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa air rendaman pare dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang agar tidak mudah sakit. Karena itu, ia memilih infused water dari pare daripada lemon di tengah kepadatan aktivitasnya.

"Guys tau gak kalau salah satu khasiat dari Pare ialah dapat meningkatkan kekebalan tubuh biar tidak cepat sakit. Nah karena itu, hari ini infused water papa online beda dari biasanya. Kalau biasanya lemon, hari ini saya mencoba pare. Semoga khasiatnya betul-betul terasa," tulisnya di Instagram.

Sebelumnya, perlu diketahui pare juga dikenal sebagai labu pahit. Sayuran ini memang memiliki banyak manfaat kesehatan di balik rasanya yang pahit.

Melansir dari Very Well Health, pare mengandung senyawa yang bisa membantu mengatasi diabetes. Karena itu, banyak orang mengolahkan sebagai minuman jus, suplemen maupun infused water seperti Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno konsumsi infused water dari pare (Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno konsumsi infused water dari pare (Instagram/@sandiuno)

Berikut adalah beberapa manfaat pare:

1. Mengobati masalah penyakit kulit

Pare pahit dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai masalah penyakit kulit, seperti jerawat, herpes hingga psoriasis.

2. Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam pare memiliki efek seperti insulin, yakni hormon yang bertanggung jawab mengontrol gula darah.

Karena sifatnya yang seperti insulin, pare bisa membantu melindungi tubuh terhadap resistensi insulin. Selain itu, pare juga membantu mengontrol gula darah dan mengobati diabetes.

Ilustrasi pare. (Shutterstock)
Ilustrasi pare. (Shutterstock)

3. Kolesterol tinggi

Dalam sebuah studi berbasis hewan yang diterbitkan Nutrition Research pada 2013, para ilmuwan mengamati bahwa hewan yang mengonsumsi ekstrak pare mengalami penurunan kadar kolesterol yang signifikan. Karena itu, pare dipercaya sangat baik bagi orang dengan kolesterol tinggi.

4. Mencegah kanker

Penelitian juga menemukan bahwa pare mengandung senyawa yang bisa melawan kanker. Studi lainnya juga melaporkan bahwa ekstrak pare mampu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

5. Membantu menurunkan berat badan

Pare salah satu menu makanan yang bagus untuk program diet Anda. Hal itu karena, pare termasuk makanan rendah kalori dan tinggi serat. Penelitian pada manusia dan hewan telah menemukan bahwa ekstrak pare juga dapat membantu mengurangi lemak perut dan berat badan.

Berita Terkait

Berita Terkini