Pria

Raffi Ahmad Punya Masalah Tiroid, Ini Efeknya pada Kesehatan Seksual!

Masalah tiroid seperti Raffi Ahmad bisa menimbulkan efek buruk pada kesehatan seksual.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)
Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)

Himedik.com - Beberapa hari lalu Raffi Ahmad memutuskan vakum dari dunia hiburan karena ingin menjalani pengobatan yang berkaitan dengan suaranya. Selain itu, Raffi Ahmad juga memiliki masalah tiroid.

Sebelumnya, Raffi Ahmad sempat bercerita bahwa memiliki benjolan di pita suaranya. Benjolan itulah yang mengganggu suara Raffi Ahmad dan harus segera ditangani.

Selain itu, Raffi Ahmad juga sempat mengaku bahwa dirinya memiliki masalah tiroid melalui channel Youtube Baim Wong dan Paula Verhoeven.

"Jadi guys gue ini sebenarnya ada tiroid, ada benjolan," kata Raffi Ahmad.

Perlu dipahami, penyakit tiroid pada pria melibatkan banyak gejala yang sama dengan kelainan tiroid pada wanita. Namun, pria juga mungkin mengalami beberapa manifestasi dari masalah tiroid yang berhubungan dengan seksual.

Melansir dari Very Well Health, masalah tiroid bisa berdampak pada fungsi seksual pria dan wanita, meskipun lebih jelas pada pria.

Dengan demikian, pria dengan penyakit tiroid juga dapat mengalami gejala yang berhubungan dengan kesehatan seksual ini:

Kanker tiroid bisa diobati dengan terapi nuklir. (Shutterstock)
Kanker tiroid bisa diobati dengan terapi nuklir. (Shutterstock)

 

1. Disfungsi ereksi

2. Ejakulasi tertunda (lebih sering terjadi pada hipotiroidisme)

3. Ejakulasi dini (lebih sering pada hipetiroidisme)

4. Masalah dengan sperma yang bisa menyebabkan infertilitas seperti jumlah sperma rendah, kualitas sperma lebih buruk, volume semen lebih rendah dan motilitas sperma lebih sedikit.

Sebuah studi tahun 2018 tentang penyakit tiroid dan disfungsi seksual menemukan pria dengan hipotiroidisme, 59 persen hingga 63 persen diperkirakan mengalami disfungsi seksual, termasuk penurunan libido, disfungsi ereksi, dan penundaan ejakulasi.

Pada pria dengan hipertiroidisme, diperkirakan 48 persen hingga 77 persen mengalami disfungsi seksual, termasuk penurunan libido, disfungsi ereksi, dan ejakulasi dini.

Para peneliti juga mencatat bahwa karena banyak pasien yang terlibat dalam penelitian ini berusia di bawah 40 tahun, kondisi tiroid yang menjadi penyebab disfungsi seksual pada orang dewasa yang lebih muda, terutama pria muda.

Berita Terkait

Berita Terkini