Pria

Raffi Ahmad Akan Atasi Masalah Tiroidnya, Seperti Ini Pengobatannya!

Setelah vakum, Raffi Ahmad berencana mengobati kondisi suaranya dan kesehatan tiroidnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Raffi Ahmad punya masalah tiroid [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Raffi Ahmad punya masalah tiroid [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Himedik.com - Raffi Ahmad akan menjalani pengobatan benjolan di pita suaranya hingga memutuskan vakum dari dunia hiburan. Selain itu Raffi Ahmad juga mengaku memiliki masalah tiroid.

Raffi Ahmad mengakui masalah penyakit tiroidnya itu dalam channel Youtube Baim Wong dan Paula Verhoeven.

"Jadi guys gue ini sebenarnya ada tiroid, ada benjolan," kata Raffi Ahmad.

Sebenarnya masalah tiroid pada pria lebih sulit didiagnosis dan sering terabaikan karena gejalanya tidak umum seperti wanita. Masalah tiroid ini biasa memengaruhi pria di atas usia 40 tahun dengan gejala tidak jelas.

Beberapa dokter dilansir dari Very Well Health, mencatat biasanya tanda-tandanya berupa disfungsi ereksi, penurunan gairah seks, kebotakan, masalah berat badan, dan hilangnya energi seiring bertambahnya usia.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. [Evi Ariska/Suara.com]
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. [Evi Ariska/Suara.com]

Pengobatannya pun tergantung dengan masalah tiroid yang dihadapi. Ada 2 macam masalah tiroid pada pria, yakni hipertiroidisme dan hipotiroidisme.

Hipertiroidisme

Mengobati hipertiroidisme biasanya dimulai dengan minum obat antitiroid. Setelah tiroid Anda kembali berfungsi secara normal, Anda mungkin dapat berhenti minum obat, setidaknya untuk sementara, atau Anda mungkin perlu menggunakannya untuk jangka panjang.

Pilihan perawatan lain termasuk ablasi radioaktif yodium, yang menghancurkan jaringan tiroid Anda dan tiroidektomi, operasi yang menghilangkan sebagian atau seluruh tiroid Anda.

Kanker tiroid bisa diobati dengan terapi nuklir. (Shutterstock)
Kanker tiroid bisa diobati dengan terapi nuklir. (Shutterstock)

 

Hipotiroidisme

Pria dengan masalah hipotiroidisme akan minum obat pengganti hormon tiroid, biasanya synthroid, tirosint, atau unithroid (levothyroxine), bentuk sintetis T4.

Jika gejala Anda tidak dikelola dengan levothyroxine, dokter dapat menambahkan Cytomel (liothyronine), bentuk sintetis T3. Pilihan lain adalah dengan mengambil ekstrak tiroid kering (DTE), obat resep yang dibuat dari tiroid babi dan yang mengandung T3 dan T4.

Berita Terkait

Berita Terkini