Pria

Tak Cuma Wanita, Pria juga Bisa Kena Kanker Payudara seperti Ayah Beyonce

Matthew Knowles berhasil melewati masa suram melawan kanker payudara.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kanker payudara. (pixabay/waldryano)
Ilustrasi kanker payudara. (pixabay/waldryano)

Himedik.com - Meski pria tidak memiliki payudara, bukan berarti ia tidak memiliki risiko terjangkit kanker payudara. Hal itu dialami oleh Matthew Knowles, ayah dari penyanyi Beyonce.

Seperti dilansir dari Allure, pria berusia 67 tahun itu mengungkapkannya di acara Good Morning America bahwa ia adalah orang yang selamat dari kanker payudara.

Berbicara dengan host acara, Michael Strahan, ia menjalani operasi setelah kanker payudara terdeteksi sinar X. Meski sudah menjalani operasi, dia memiliki gen BRCA2, yang berarti dia juga berisiko lebih tinggi untuk beberapa jenis kanker lainnya, yang bagi pria termasuk kanker prostat, kanker pankreas, dan melanoma.

"Sisa hidup saya, saya harus sangat sadar dan rutin melakukan semua deteksi dini... mammogram konstan, ujian prostat konstan, MRI konstan, selama sisa hidup saya," kata Beyonce Knowles. 

Dia juga menjelaskan bagaimana diagnosis berdampak pada keluarganya. Karena mutasi gen BRCA2 adalah turun temurun, maka anak-anak dan cucu-cucunya berada pada "risiko yang lebih tinggi" mengidap kanker payudara.

Dikutip dari The Independent, meski pria tidak menumbuhkan payudara seperti halnya wanita selama masa pubertas, mereka masih memiliki sejumlah kecil jaringan payudara di belakang puting. 

Foto mesra Beyonce dan kedua orangtuanya. [instagram/mstinalawson]
Foto mesra Beyonce dan kedua orangtuanya. [instagram/mstinalawson]

 

Area tersebut menjadi tempat kanker payudara dapat berkembang. "Ini terdiri dari beberapa tabung kecil (saluran) yang dikelilingi oleh jaringan lemak, jaringan ikat, pembuluh darah dan pembuluh limfatik," ujar Macmillan Cancer Support.

Sama seperti wanita, gejala paling umum kanker payudara yang perlu diwaspadai pria dalah benjolan di jaringan payudara yang bisa dirasakan di dekat puting.

Matthew Knowles, ayah Beyonce. (YouTube/The Wendy Williams Show)
Matthew Knowles, ayah Beyonce. (YouTube/The Wendy Williams Show)

 

Tanda lainnya adalah gejala seperti cairan yang keluar dari puting, puting yang tertarik atau terasa sensitif, pembengkakan di daerah dada, bisul di daerah dada atau puting maupun kelenjar getah bening di daerah ketiak.

Macmillan Cancer Support menyarankan untuk mengunjungi dokter segera setelah melihat adanya perubahan pada area payudara, seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Berita Terkait

Berita Terkini