Pria

Kadar Kalium Ayah Olga Lydia Rendah sebelum Meninggal, Seperti Ini Efeknya

Dokter sempat menyatakan bahwa kadar kalium ayah Olga Lydia rendah sebelum pulang dari rumah sakit dan meninggal dunia.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Artis Olga Lydia [Suara.com/Arief Hermawan P]
Artis Olga Lydia [Suara.com/Arief Hermawan P]

Himedik.com - Ayah Olga Lydia, Hertadi meninggal dunia setelah menjalani perawatan infeksi paru di rumah sakit. Sebelum pulang dari rumah sakit, dokter sempat memberi tahu bahwa kadar kalium ayah Olga Lydia masih rendah.

Saat itu seorang dokter juga memberi tahu Olga Lydia bahwa kadar kalium dalam tubuh ayahanya masih rendah dan membahayakan jantung. Tetapi, dokter tetap mengizinkan ayah Olga Lydia pulang ke rumah.

"Sebetulnya itu ada dokter yang bilang 'pak sudah dibawa keluar katanya kadar kaliumnya udah rendah itu dikhawatirkan bahaya untuk jantung. Tapi entah mengapa memang sama dokternya diperbolehkan pulang, makanya checkup-nya akan dipercepat yang harusnya dua minggu jadi hari Kamis," kata Olga Lydia ditemui di rumah duka Grand Heaven, Pluit, Jakarta Utara, Selasa (5/11/2019).

Penyataan dokter itu pun sempat membuat Olga Lydia ragu membawa ayahnya pula dalam kondisi kadar kaliumnya rendah dan risikonya. Tetapi, ia tetap membawa ayahnya pulang atas izin dari dokter.

Perlu diketahui kalau kalium adalah mineral penting yang disebut sebagai elektrolit. Kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah, khususnya menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

Olga Lydia [Revi C Rantung/Suara.com]
Olga Lydia [Revi C Rantung/Suara.com]

 

Dalam istilah medis, orang yang kekurangan kalium disebut hipokalemia. Melansir dari Hello Sehat kondisi ini terjadi jika kadar kalium dalam aliran darah seseorang di bawah batas normal, yakni kurang dari 3,5 mEq/L.

Salah satu faktor paling umum yang menyebabkan seseorang kekurangan kalium karena pengaruh konsumsi obat-obatan diuretik yang berfungsi mempercepat pembentukan urin.

Apabila diabaikan, kurangnya kadar kaliuum bisa menyebabkan bahaya lain hingga kematian. Berikut ini reaksi tubuh ketika Anda kekurangan kadar kalium dalam darah.

  • Kram otot dan kedutan
  • Sakit perut dan sembelit
  • Mual dan muntah
  • Palpitasi jantung, seperti jantung berdebar-debar
  • Sering buang air kecil dan merasa haus
  • Kesemutan dan mati rasa

Berita Terkait

Berita Terkini